Br. Ginting, Helena Nathalia (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR MUSIK NUSANTARA SISWA KELAS VIII SMP METHODIST-AN PANCUR BATU. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 Nim 2123140026 Helena Nathalia Br. Ginting Cover.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2 Nim 2123140026 Helena Nathalia Br. Ginting Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (806kB) | Preview
3 Nim 2123140026 Helena Nathalia Br. Ginting Abstract.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4 Nim 2123140026 Helena Nathalia Br. Ginting Acknowledment.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5 Nim 2123140026 Helena Nathalia Br. Ginting Table of Content.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
6 Nim 2123140026 Helena Nathalia Br. Ginting List of Table.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7 Nim 2123140026 Helena Nathalia Br. Ginting Appendices.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
8 Nim 2123140026 Helena Nathalia Br. Ginting Chapter I.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
12 Nim 2123140026 Helena Nathalia Br. Ginting Chapter V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
13 Nim 2123140026 Helena Nathalia Br. Ginting References.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah melihat perbedaan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran, yaitu model pembelajarn kooperatif tipe Take And Give dengan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Methodist-An Pancur Batu.
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Jenis penelitian ini adalah True Experimental Design dengan desain penelitian eksperimen ini menggunakan jenis Pretest-Posttest Kontrol Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Methodist-An Pancur Batu. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling dengan mengundi kelas dengan cara menulis nama-nama kelas di selebaran kertas dan digulung, kemudian gulungan kertas tersebut di undi dan di ambil 2 kertas yang akan menjadi kelas eksperimen dan kontrol. Kelas VIII-2 SMP Methodist-An Pancur Batu sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Take And Give berjumlah 34 siswa dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru kelas VIII-3 SMP Methodist-An Pancur Batu berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan berganda berjumlah 20 butir soal yang telah dinyatakan valid untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yang telah diujikan di SMP Methodist-An Pancur Batu.
Kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional (langsung). Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh posttest dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 81,91 dan kelas kontrol 71,5. Hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh thitung > ttabel maka Ha diterima, sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 14,55% pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give terhadap hasil belajar musik nusantara siswa kelas VIII SMP Methodist-An Pancur Batu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MSK 027 |
Keywords: | model pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give; Konvensional; Musik Nusantara |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music > M1495 Vocal music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 16:08 |
Last Modified: | 15 Dec 2017 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27813 |