Nainggolan, Roselyn (2010) HUBUNGAN KEPEMIMPINAN PEDAGOGIS DAN AKTUALISASI DIRI DENGAN KINERJA DOSEN FKIP UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN PEMATANG SIANTAR. Masters thesis, UNIMED.
045030399 Kata Pengatar.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
045030399 Abstrak.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
045030399 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
045030399 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
045030399 Bab V.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
045030399 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan kepemimpinan pedagogis dan aktualisasi diri dengan kinerja dosen FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. Penelitian ini mempunyai tiga hipotesis , yaitu: pertama terdapat hubungan secara positif dan signifikan antara kepemimpinan pedagogis dengan kinerja dosen FKIP Universitas HKBP Notnrnensen Pematangsiantar, kedua; terdapat hubungan secara positif clan signifikan antara aktualisasi diri dengan kinerja dosen Universitas HKBP Nommensen, ketiga; terdapat hubungan secara positif dan signifikan antara kepemimpinan pedagogis dan aktualisasi diri dosen secara bersama-sama dengan kinerja dosen FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar.Populasi penelitian ini adalah seluruh seluruh dosen tetap FKIP Universitas 11KBP Nommensen yang aktif mengajar sesuai data Tahun 2007 dengan jumlah 32 orang. Untuk menentukan sampel digunakan dengan teknik total sampling, yakni seluruh populasi.Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah angket (kuesioner) model skala interval liken dan diolah menggunakan rumus korelasi product moment dengan bantuan program Microsoft Exel dan korelasi belah dua (Split Half) untuk menguji reliabilitas/Hasil analisa instrumen tersebut valid dan handal dengan r, masing-masing variabel sebagai berikut , (1) variabel kepemimpinan pedagogis (X1) ra : 0,765 dan (2) variabelaktulaisasi diri (X2) ra : 0,617, (3) variabel kinerja dosen (Y) rg 0,971.Teknik analisis yang digunakan ialah teknik analisis korelasi dan regresi serta seluruh pengujian mcnggunakan taraf kepercayaan 95% pada P < 0,05.Hasil analisa dengan korelasi sederhana menunjukkan bahwa rxly 0.502 dan R2,1y: 0,252 signifikan pada a = 0.002 dengan dentikian kepemimpinan pedagogis memberi sumbangan yang positif terhadap kinerja dosen (Y) sebesar 25,2%; sedangkan rx2y: 0,561 dan R2,4: 0,314 signifikan pada a = 0.000, ini menunjukkan bahwa aktualisasi dirt dosen (X2) memberi sumbangan yang positif terhadap kinerja dosen FKIP Universitas HKBP Nommensen (Y) sebesar 31,4%. Sedangkan harga F sebesar 6,763 sign ifikan pada a =0,004 dan koefisien determinasi R2 sebesar 0,318 hal ini berarti kepemimpinan pedagogis dan aktualisasi diri dosen secara bersarna-sama rnemberri sumbangan terhadap kinerja dosen FKIP Universitas HKBP Nommensen sebesar 31,8%.Simpulan penelitian ini dinyatakn sebagai berikut Bila institusi FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar meningkatkan kepemimpinan pedagogis dan aktualisasi dirinya dalarn tindak Iayanannya sebagai dosen, akan meningkatkan kinerjanya baik dalam pengembangan kualitas institusi di tingkat fakultas maupun pada tataran jurusan, program studi ataupun personal dosen.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 378.110 6 Nai h |
Keywords: | Kepemimpinan; Aktualisasi diri; Pedagogis; Universitas |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 30 May 2016 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2779 |