Dalimunthe, Anggi Rayhanah (2017) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PSIKODRAMA TERHADAP PENGALAMAN DILEMA MORAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 27 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 1133151004 COVER.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
02. NIM 1133151004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (870kB) | Preview
03. NIM 1133151004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
04. NIM 1133151004 ACNOWLEDGMENT.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
05. NIM 1133151004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
06. NIM 1133151004 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
07. NIM 1133151004 LIST OF PIGURE.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
08. NIM 1133151004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
09. NIM 1133151004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
13. NIM 1133151004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
14. NIM 1133151004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik psikodrama terhadap pengalaman dilema moral siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Medan T.A 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi experimental dan desain Pretest-postest one group design. Subjek penelitian ini berjumlah 10 orang siswa, 7 siswa yang mempunyai pengalaman dilema moral rendah dan 3 siswa yang mempunyai pengalaman dilema moral cukup. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui pengalaman dilema moral adalah skala pengalaman dilema moral. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Dari analisis data diperoleh Jhitung = 14 dengan = 0,05, dan Jtabel = 8 artinya hipotesis diterima. Data pre-test pengalaman dilema moral terhadap 10 siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 7,8, sedangkan data post-test pengalaman dilema moral siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 11. Artinya skor rata-rata pengalaman dilema moral siswa setelah mendapatkan bimbingan kelompok teknik psikodrama lebih tinggi daripada setelah mendapatkan bimbingan kelompok teknik psikodrama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok teknik psikodrama berpengaruh terhadap pengalaman dilema moral siswa. Hal ini terlihat dari, uji wilcoxon dengan hasil Jhitung > Jtabel yaitu 14 > 8. Disimpulkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok teknik psikodrama dapat meningkatkan pengalaman dilema moral siswa dari sebelum ke sesudah mendapatkan bimbingan kelompok teknik psikodrama
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 044 |
Keywords: | Bimbingan Kelompok; Teknik Psikodrama; Pengalaman Dilema Moral |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Dec 2017 11:32 |
Last Modified: | 12 Dec 2017 03:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27678 |