Sinaga, Jesica Ariesti Br (2017) PENGARUH KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP PERILAKU SIBLING RIVALRY SISWA SMP N 6 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 1133351008 COVER.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
02. NIM 1133351008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (740kB) | Preview
03. NIM 1133351008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
04. NIM 1133351008 ACNOWLEDGMENT.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
05. NIM 1133351008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
06. NIM 1133351008 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
07. NIM 1133351008 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
08. NIM 1133351008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
09. NIM 1133351008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
13. NIM 1133351008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM 1133351008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemberian layanan konseling kelompok pendekatan cognitive behavior therapy terhadap perilaku sibling rivalry siswa SMP Negeri 6 Medan tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan one group pre-test post-test design. Teknik penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data siswa yang memiliki tingkat perilaku sibling rivalry yakni menggunakan angket yang dibagikan kepada 30 siswa SMP Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 dan diambil 10 siswa secara heterogen yang memiliki persentasi perilaku sibling rivalry rendah dan sedang. Dari hasil angket pre-test diperoleh skor rata-rata sebesar 88,4 sedangkan hasil post-test diperoleh skor rata-rata 135,2. Berdasarkan hasil tersebut dapat dilihat adanya peningkatan persentase perilaku sibling rivalry atau penurunan perilaku sibling rivalry siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok pendekatan cognitive behavior therapy dengan kontribusi sebesar 54%. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik nonparametrik dengan menggunakan uji wilcoxon. Hasil analisis uji wilcoxon menunjukkan bahwa pada uji jumlah jenjang wilcoxon diperoleh hasil perhitungan jumlah jenjang bertanda positif = 43 dan jumlah jenjang bertanda negatif = 45. Jadi, nilai Jhitung = 43 yaitu jumlah jenjang yang lebih kecil. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda wilcoxon untuk n= 10, α = 0,05 adalah 8. Dari hasil analisis dilihat Jhitung > Jtabel dimana 43 > 8 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “ pengaruh pemberian layanan konseling kelompok pendekatan cognitive behavior therapy terhadap perilaku sibling rivalry siswa SMP Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2016/2017” dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 047 |
Keywords: | Konseling Kelompok, Cognitive Behavior Therapy, Sibling Rivalry |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2017 15:44 |
Last Modified: | 11 Dec 2017 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27647 |