PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ICT DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

Simanjuntak, Yanthy Leonita Perdana (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ICT DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM 8156176028 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM 8156176028 COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM 8156176028 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM 8156176028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 8156176028 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3.NIM 8156176028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM. 8156176028 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.NIM. 8156176028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM. 8156176028 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5.NIM. 8156176028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM. 8156176028 TABLE.pdf]
Preview
Text
6.NIM. 8156176028 TABLE.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM. 8156176028 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7.NIM. 8156176028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM. 8156176028 APPENDICS.pdf]
Preview
Text
8.NIM. 8156176028 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM. 8156176028 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9.NIM. 8156176028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM. 8156176028 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13.NIM. 8156176028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM. 8156176028 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.NIM. 8156176028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan ICT terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika, untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah fisika antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis kelompok atas dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis kelompok bawah, dan untuk mengetahui interaksi antara model problem based learning berbantuan ICT dan berpikir kritis dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain two group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA YAPIM Medan semester II tahun ajaran 2016/2017 . Pemilihan ini diambil secara clus random sampling yaitu sebanyak 2 kelas, kelas eksperimen diterapkan model problem based learning berbantuan ICT dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen dalam penelitian ini yaitu instrumen kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk essay sebanyak 5 soal dan instrumen berpikir kritis dalam bentuk essay sebanyak 7 soal yang telah dinyatakan valid. Data yang dihasilkan dianalisis dengan uji ANAVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah fisika siswa menggunakan model problem based learning berbantuan ICT lebih baik dengan rata-rata 76,94 daripada kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan rata-rata 69,38, kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada kelompok berpikir kritis kelompok atas lebih baik dengan rata-rata 76,87 daripada kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada kelompok berpikir kritis kelompok bawah dengan rata-rata 55,00, dan terdapat interaksi antara model problem based learning berbantuan ICT dan pembelajaran konvensional dengan berpikir kritis dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Terdapat pengaruh positif dari model problem based learning berbantuan ICT terhadap terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis fisika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 Sim p
Keywords: Model problem based learning berbantuan ICT; Berpikir kritis; Kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 04 Dec 2017 04:16
Last Modified: 04 Dec 2017 04:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27581

Actions (login required)

View Item
View Item