Sihombing, Lamhot Basani (2007) HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS DAN MINAT BERWIRAUSAHA ENTERTAINMENT DENGAN HASIL BELAJAR MANAJEMEN PRODUKSI PERGELARAN SENI MUSIK. Masters thesis, UNIMED.
045020249S Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (787kB) | Preview
045020249S Abstrak.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
045020249S Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (923kB) | Preview
045020249S Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
045020249S Bab V.pdf - Published Version
Download (927kB) | Preview
045020249S Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi daya ciptaproduk elektronika antara model pembelajaran berbasis simulasi komputer dibandingkan dengan model pembelajaran eksperimen laboratorium dan mengetahui perbedaan kompetensi daya cipta produk elektronika antara mahasiswa yang memiliki tingkat penalaran formal tinggi dan rendah, serta mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan penalaran formal terhadap kompetensi daya cipta produk elektronika dari mahasiswa pada mahasiswa pendidikan teknik elektroUniversitas Negeri MedanPenelitian ini dilakukan pada mahasiswa jurusan pendidikan teknik elektroFakultas teknik Universitas Negeri Medan tahun ajaran 2005/2006 terhadapkompetensi daya cipta produk elektronika, populasi penelitian adalah seluruhmahasiswa pendidikan teknik elektro angkatan tahun 2005 yang berjumlah 63 orang.Teknik pengambilan sampel digunakan dengan Cluster Random Sampling ClusterRandom Sampling berdasarkan penalaran formal mahasiswa, sehingga sampelpenelitian ini pada kelompok pembelajaran masing masing terdiri 20 orang . Metodepenelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2.Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varian dua jalur (Two Way Anava 2 x2) dengan taraf signifikansi α= 0,05 dengan menggunakan Uji-F, pengujian uji lanjutmenggunakan uji Tuckey.Temuan penelitian menunjukkan (1) Terdapat perbedaan kompetensi dayacipta produk elektronika yang signifikan antara model pembelajaran berbasis simulasikomputer dengan dengan model pembelajaran laboratorium pada taraf kepercayaanpada taraf kepercayaan α= 0,05 dengan Fh sebesar 20,33 dan harga Tabel Ft untuktaraf signifikansi α sebesar 0.05 adalah 3,94 dengan derajat kebebasan dk( 1: 19)didapat Fh (20,33) > Ft (3.94). Dengan menggunakan Uji Tukey diperoleh Qtabel = 3,96untuk taraf signifikansi α(0.05), sedangkan basil perhitungan Qh = 6,50. maka didapatQhitung (6,50) > Qtabel (3.96, maka secara keseluruhan mahasiswa pendidikan teknikelektro Universitas Negeri Medan yang mengikuti pembelajaran dengan modelpembelajaran berbasis simulasi komputer (Psim) memperoleh kompetensi daya ciptaproduk elektronika yang lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang diajardengan menggunakan Model pembelajaran Laboratorium (Flab), (2) Terdapatperbedaan Kompetensi Daya Cipta Produk Elektronika Antara Mahasiswa denganPenalaran Formal tinggi dan Penalaran Formal rendah, pada taraf kepercayaandengan harga hitting Fh = 12,15 dan harga tabel Ft untuk α = 0,05 dengandk = (1: 19) diperoleh F0,05(1,19) 3,94 sehingga dapat dinyatakan bahwa Fh ( 12,15) >Ft (3,94) dengan menggunakan Uji Tukey didapat diperoleh Qtabel = 3,94 untuk tarafsignifikansi α(0,05), hasil perhitungan Qh = 5,43. maka didapat Qhitung (5,43) > Qtabel(3.96) sehingga disimpulkan bahwa mahasiswa pendidikan teknik elektro UniversitasNegeri Medan yang memiliki penalaran formal tinggi akan lebih baik kompetensidaya cipta produk elektronika dibandingkan dengan kompetensi daya cipta produkelektronika mahasiswa yang mempunyai penalaran formal rendah, (3) Terdapatinteraksi antara model pembelajaran dan penalaran formal mahasiswa terhadapkompetensi daya cipta produk elektronika mahasiswa di jurusan pendidikan teknikelektro Universitas Negeri Medan, diperoleh Fh = 42,96 dan harga tabel Ft untuktaraf kepercayaan (α) sebesar 0.05 dengan dk (1:16) adalah Ft(0,05X1,16) = 3,94sehingga dapat dinyatakan Fh (42,96 ) > Ft (3,94). Dengan kata laian semakin baiksuatu model pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan materi ajarelektronika, maka semakin tinggi kompetensi daya cipta produk elektronika darimahasiswa, atau semakin tinggi penalaran formal mahasiswa dengan modelpembelajaran yang sesuai dengan pengembangan kompetensi, maka semakin tinggipencapaian kompetensi yang diperoleh mahasiswa. Interaksi antaramodelpembelajaran dan penalaran formal akan memberikan efek yang tinggi dalampenguasaan kompetensi daya cipta produk elektronika semakin tinggi.. Akan tetapipengaruh model pembelajaran lebih banyak memberikan pengaruh terhadappeningkatan kompetensi mahasiswa dibandingkan dengan penalaran formal..
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.157 Sih h |
Keywords: | Kreativitas; Minat Berwirausaha; Hasil Belajar Mahasiswa; Seni Musik |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > L Education (General) > L797 Educational exhibitions and museums M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 17 Jun 2016 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2738 |