Prayogi, Ardian (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PUKULAN FOREHAND PUSH PERMAINAN TENIS MEJA MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6133111013 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. NIM. 6133111013 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
3. NIM. 6133111013 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4. NIM. 6133111013 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
5. NIM. 6133111013 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM. 6133111013 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM. 6133111013 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
8. NIM. 6133111013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. NIM. 6133111013 CHAPTER 1.pdf.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
13. NIM. 6133111013 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
14. NIM. 6133111013 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar forehand push tenis meja melalui variasi pembelajaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tebing Tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Tebing Tinggi yang berjumlah 36 orang diantaranya terdiri dari 15 siswa putra dan 21 siswa putri.
Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan forehand push tenis meja masih rendah yaitu 5 siswa (13,89%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 31 siswa (86,11%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya diberikan pembelajaran forehand push melalui variasi pembelajaran. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar Siklus I diperoleh 21 siswa (58,33%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 15 siswa (41,67%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 73,6. Pada Siklus II hasil belajar forehand push tenis meja diperoleh 32 siswa (88.89%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (11,11%) masih belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 82,5. Dengan itu diperoleh peningkatan nilai rata-rata dari Siklus I ke Siklus II sebesar 8,9.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar forehand push tenis meja siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Tebing Tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 114 |
Keywords: | VARIASI PEMBELAJARAN,Pendidikan Jasmani,Hasil Belajar,Tenis Meja |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV1100 Fighting sports: Bullfighting, boxing, fencing, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2017 11:32 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 01:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27348 |