Kurniati, Fajar (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KONSEPTUAL PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X DI SMA SWASTA MULIA PRATAMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131121012 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
2. NIM. 4131121012 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
3. NIM. 4131121012 CURRICULUM VITAE_docx.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
4. NIM. 4131121012 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
5. NIM. 4131121012 PREFACE_docx.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
6. NIM. 4131121012 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
7. NIM. 4131121012 ILLUSTRATION_docx.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
8. NIM. 4131121012 TABLES_docx.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
9. NIM. 4131121012 APPENDICS_docx.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
10. NIM. 4131121012 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
14. NIM. 4131121012 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
15. NIM. 4131121012 BIBIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan menggunakan media
visual terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual pada materi listrik dinamis
kelas X di SMA Swasta Mulia Pratama.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain
penelitian group pretest postest design. Penelitian dilaksanakan di SMA Swasta
Mulia Pratama Medan dengan teknik pengambilan sampel secara total sampling,
didapatkan siswa kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas
kontrol yang masing-masing berjumlah 31 siswa. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah tes esai pengetahuan konseptual dengan jumlah soal
10 item. Analisis data menggunakan uji z pada taraf signifikansi 5% dengan uji
prasyarat normalitas dan homogenitas serta uji nilai gain rata-rata nilai kelas
untuk melihat peningkatan hasil belajar pengetahuan konseptual.
Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes kelas eksperimen adalah
9,57 dan kelas kontrol adalah 9,02 sedangkan rata-rata postes kelas eksperimen
adalah 50,97 dan kelas kontrol adalah 38,87. Nilai gain rata-rata nilai kelas
eksperimen adalah 0,42 dalam kategori cukup sedangkan nilai gain rata-rata nilai
kelas kontrol adalah 0,32 dalam kategori rendah. Hasil uji hipotesis dengan uji z
dengan zhitung > ztabel (3,75 > 1,65) menunjukkan hasil belajar pengetahuan
konseptual fisika dengan model kooperatif tipe NHT dengan menggunakan media
visual lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tersebut
dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT
dengan menggunakan media visual terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 202 |
Keywords: | Numbered Heads Together, Pengetahuan Konseptual, Media Visual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics Q Science > QC Physics > QC750 Magnetism |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 14:15 |
Last Modified: | 22 Nov 2017 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27303 |