PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GRUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 9 MEDAN T.A. 2016/2017

Sinaga, Robinsar (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GRUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 9 MEDAN T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.-COVER.pdf]
Preview
Text
1.-COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 2.-LEMBAR-PENGESAHAN-fix.pdf]
Preview
Text
2.-LEMBAR-PENGESAHAN-fix.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 3.RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3.RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (3kB) | Preview
[thumbnail of 4.ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4.ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 5.kata-pengantar.pdf]
Preview
Text
5.kata-pengantar.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 6.-DAFTAR-ISI-FIX.pdf]
Preview
Text
6.-DAFTAR-ISI-FIX.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of 7.-DAFTAR-GAMBAR-FIX.pdf]
Preview
Text
7.-DAFTAR-GAMBAR-FIX.pdf - Published Version

Download (3kB) | Preview
[thumbnail of 8.-DAFTAR-TABEL-FIXX.pdf]
Preview
Text
8.-DAFTAR-TABEL-FIXX.pdf - Published Version

Download (3kB) | Preview
[thumbnail of 9.-DAFTAR-LAMPIRAN-FIXX.pdf]
Preview
Text
9.-DAFTAR-LAMPIRAN-FIXX.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 10.BAB-I-fix.pdf]
Preview
Text
10.BAB-I-fix.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 14.BAB-V.pdf]
Preview
Text
14.BAB-V.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 15.DAFTAR-PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15.DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada
materi pokok Fluida Dinamis kelas XI semester II di SMA Negeri 9 Medan T.P
2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan populasi seluruh
siswa kelas XI SMA Negeri 9 Medan yang berjumlah 4 kelas. Sampel penelitian
ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling,
yaitu Kelas XI-IPA4 dengan model pembelajaran kooperatif tipe group
investigation dan kelas XI-IPA3 dengan pembelajaran konvensional. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu: 1) tes hasil belajar dalam
bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 20 soal yang telah
dinyatakan valid oleh validator dan 20 lembar observasi aktivitas belajar siswa.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen
adalah 33,06 dan kelas kontrol diperoleh 32,22. Setelah dilakukan perlakuan pada
masing-masing kelas, diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen
sebesar 78,47 sedangkan kelas kontrol sebesar 69,03. Pada hasil pengujian
hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,87 > 1,67 pada taraf signifikansi α = 0,05
dan dk = 70. Hal ini berarti Ha diterima, yang berarti ada pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada
materi pokok Fluida Dinamis searah kelas XI semester I di SMA Negeri 9 Medan
T.P 2016/2017. Pada penelitian ini dilakukan juga observasi aktivitas siswa,
dimana tiap pertemuan ada peningkatan nilai aktivitas dan diperoleh nilai rata-rata
aktivitas siswa dari pertemuan I hingga Pertemuan III sebesar 80,00 dengan
kategori aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 203
Keywords: Kooperatif tipe group investigation, Aktivitas Belajar siswa, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory
Q Science > QC Physics > QC750 Magnetism
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Nov 2017 14:15
Last Modified: 22 Nov 2017 03:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27302

Actions (login required)

View Item
View Item