Sinaga, Robinsar (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GRUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 9 MEDAN T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.-COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2.-LEMBAR-PENGESAHAN-fix.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
3.RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (3kB) | Preview
4.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
5.kata-pengantar.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
6.-DAFTAR-ISI-FIX.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
7.-DAFTAR-GAMBAR-FIX.pdf - Published Version
Download (3kB) | Preview
8.-DAFTAR-TABEL-FIXX.pdf - Published Version
Download (3kB) | Preview
9.-DAFTAR-LAMPIRAN-FIXX.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
10.BAB-I-fix.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14.BAB-V.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
15.DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada
materi pokok Fluida Dinamis kelas XI semester II di SMA Negeri 9 Medan T.P
2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan populasi seluruh
siswa kelas XI SMA Negeri 9 Medan yang berjumlah 4 kelas. Sampel penelitian
ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling,
yaitu Kelas XI-IPA4 dengan model pembelajaran kooperatif tipe group
investigation dan kelas XI-IPA3 dengan pembelajaran konvensional. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu: 1) tes hasil belajar dalam
bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 20 soal yang telah
dinyatakan valid oleh validator dan 20 lembar observasi aktivitas belajar siswa.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen
adalah 33,06 dan kelas kontrol diperoleh 32,22. Setelah dilakukan perlakuan pada
masing-masing kelas, diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen
sebesar 78,47 sedangkan kelas kontrol sebesar 69,03. Pada hasil pengujian
hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,87 > 1,67 pada taraf signifikansi α = 0,05
dan dk = 70. Hal ini berarti Ha diterima, yang berarti ada pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada
materi pokok Fluida Dinamis searah kelas XI semester I di SMA Negeri 9 Medan
T.P 2016/2017. Pada penelitian ini dilakukan juga observasi aktivitas siswa,
dimana tiap pertemuan ada peningkatan nilai aktivitas dan diperoleh nilai rata-rata
aktivitas siswa dari pertemuan I hingga Pertemuan III sebesar 80,00 dengan
kategori aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 203 |
Keywords: | Kooperatif tipe group investigation, Aktivitas Belajar siswa, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory Q Science > QC Physics > QC750 Magnetism |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 14:15 |
Last Modified: | 22 Nov 2017 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27302 |