PENGARUH STRATEGI JOYFUL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA SWASTA PARULIAN 1 MEDAN T.P 2016/2017

Saragih, Chrys Delina (2017) PENGARUH STRATEGI JOYFUL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA SWASTA PARULIAN 1 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM. 4133321007 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM. 4133321007 COVER.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM. 4133321007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM. 4133321007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM. 4133321007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM. 4133321007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM. 4133321007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM. 4133321007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM. 4133321007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM. 4133321007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM. 4133321007 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
06. NIM. 4133321007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM. 4133321007 TABLE.pdf]
Preview
Text
07. NIM. 4133321007 TABLE.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM. 4133321007 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
08. NIM. 4133321007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM. 4133321007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. NIM. 4133321007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4133321007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4133321007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4133321007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4133321007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi pembelajaran Joyful Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan T.P 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian two group pre-test pos-test. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan yang berjumlah 3 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X-C sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas X-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Instrumen tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan berganda berjumlah 16 butir soal yang telah divalidasi oleh 3 orang validator.
Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretes siswa kelas eksperimen 47,40 dan kelas kontrol 47,00. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes siswa kelas eksperimen sebesar 61,70 dan kelas kontrol sebesar 50,03. Berdasarkan hasil pengamatan observer sebanyak tiga kali pertemuan diperoleh rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen sebesar 69,07% yang termasuk dalam kategori aktif. Dari hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh thitung = 2,50 dan ttabel = 1,67 (thitung>ttabel). Hal ini berarti menunjukkan ada pengaruh yang signifikan Strategi Joyful Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan T.P 2016/2017. Dari hasil pengamatan aktivitas siswa mempengaruhi hasil belajarnya, siswa yang aktif memiliki hasil belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 209
Keywords: Strategi Joyful Learning; Aktivitas; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Q Science > QC Physics > QC750 Magnetism
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Nov 2017 14:11
Last Modified: 22 Nov 2017 02:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27297

Actions (login required)

View Item
View Item