Saragih, Chrys Delina (2017) PENGARUH STRATEGI JOYFUL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA SWASTA PARULIAN 1 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 4133321007 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
02. NIM. 4133321007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
03. NIM. 4133321007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
04. NIM. 4133321007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
05. NIM. 4133321007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
06. NIM. 4133321007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
07. NIM. 4133321007 TABLE.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
08. NIM. 4133321007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
09. NIM. 4133321007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
13. NIM. 4133321007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
14. NIM. 4133321007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi pembelajaran Joyful Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan T.P 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian two group pre-test pos-test. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan yang berjumlah 3 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X-C sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas X-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Instrumen tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan berganda berjumlah 16 butir soal yang telah divalidasi oleh 3 orang validator.
Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretes siswa kelas eksperimen 47,40 dan kelas kontrol 47,00. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes siswa kelas eksperimen sebesar 61,70 dan kelas kontrol sebesar 50,03. Berdasarkan hasil pengamatan observer sebanyak tiga kali pertemuan diperoleh rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen sebesar 69,07% yang termasuk dalam kategori aktif. Dari hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh thitung = 2,50 dan ttabel = 1,67 (thitung>ttabel). Hal ini berarti menunjukkan ada pengaruh yang signifikan Strategi Joyful Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan T.P 2016/2017. Dari hasil pengamatan aktivitas siswa mempengaruhi hasil belajarnya, siswa yang aktif memiliki hasil belajar yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 209 |
Keywords: | Strategi Joyful Learning; Aktivitas; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC501 Electricity Q Science > QC Physics > QC750 Magnetism |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 14:11 |
Last Modified: | 22 Nov 2017 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27297 |