Purba, Dyna Mayshella (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MENGGUNAKAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131121011 COVER.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
2. NIM. 4131121011 SHEET.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
3. NIM. 4131121011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
4. NIM. 4131121011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
5. NIM. 4131121011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
6. NIM. 4131121011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
7. NIM. 4131121011 TABLES.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
8. NIM. 4131121011 APPENDICCS.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
9. NIM. 4131121011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
13. NIM. 4131121011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
14. NIM. 4131121011 BIBIOGRAHY.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching menggunakan Mind Mapping terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual siswa kelas X SMA Negeri 3 Medan T.P. 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas kelas X SMA Negeri 3 Medan yang berjumlah 15 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X MIA 14 dengan model pembelajaran Quantum Teaching menggunakan Mind Mapping dan kelas X MIA 13 dengan model pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 33 siswa. Untuk memperoleh data pengetahuan konseptual siswa, digunakan tes uraian berjumlah 10 item yang telah divalidkan.
Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 33,33 dengan standar deviasi 4,68 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 31,21 dengan standar deviasi 4,65, data berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji hipotesis data pretes menggunakan uji t dua pihak pada taraf signifikan = 0,05 menunjukkan bahwa kemampuan awal yang sama. Selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran Quantum Teaching pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran selesai dilakukan postes. Berdasarkan hasil pengolahan data postes, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 75,81 dengan standar deviasi 8,42 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 63,48 dengan standar deviasi 7,68, data berdistribusi normal dan homogen, kemudian dilakukan uji t satu pihak menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual siswa di kelas X SMA Negeri 3 Medan T.P.2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 220 |
Keywords: | model Quantum Teaching; Mind Mapping: pengetahuan konseptual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC770 Nuclear and particle physics. Atomic energy. Radioactivity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 14:01 |
Last Modified: | 22 Nov 2017 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27287 |