Fonna, Nurdianita (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II DI SMA DARUSSALAM MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131121030 COVER_doc.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM 4131121030 LEMBAR PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 4131121030 ABSTRACT_doc.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
4. NIM 4131121030 PREFACE_docx.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
5. NIM 4131121030TABLE OF CONTENT_doc.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
6. NIM 4131121030 TABLES_docx.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
7. NIM 4131121030 ILLUSTRATION_docx.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
8. NIM 4131121030 APPENDICES_doc.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
9. NIM 4131121030 CHAPTERS I_docx.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
13. NIM 4131121030 CHAPTERS V_docx.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
14. NIM 4131121030 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
induktif dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi
pokok suhu dan kalor kelas X semester II di SMA Darussalam Medan Tahun
Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan desain two
group pretest posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelas
X semester II yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan
cara Teknik sampel total. Sampel yang dipilih adalah kelas X-2 sebagai kelas
eksperimen dengan model pembelajaran induktif yang berjumlah 35 orang dan
kelas X-1 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional yang
berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes
pilihan berganda sebanyak 20 soal. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata
pretest kelas eksperimen adalah 27,50 dan kelas kontrol adalah 25,70. setelah
pembelajaran selesai diberikan posttest dengan hasil nilai rata-rata kelas
eksperimen 71,70 dan kelas kontrol 61,00. Analisis uji normalitas dan uji
homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan
kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t satu pihak diperoleh
thitung > ttabel yaitu (3,811 > 1,997), artinya ada pengaruh yang signifikan dalam
penggunaan model pembelajaran Induktif terhadap hasil belajar siswa pada materi
suhu dan kalor kelas X semester II di SMA Darussalam Medan Tahun Pelajaran
2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 224 |
Keywords: | QUASI EKSPERIMENT; INDUKTIF; HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 13:58 |
Last Modified: | 22 Nov 2017 01:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27283 |