Ammamiarihta (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN COMBINATORIAL THINKING DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156172003 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 8156172003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
3. NIM. 8156172003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
4. NIM. 8156172003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
5. NIM. 8156172003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
6. NIM. 8156172003 TABLE.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. NIM. 8156172003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM. 8156172003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
12. NIM. 8156172003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
13. NIM. 8156172003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana validitas, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran berorientasi problem based learning yang dikembangkan dan mendeskripsikan bagaimana peningkatan kemampuan combinatorial thinking dalam pemecahan masalah matematika siswa setelah diajarkan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, buku guru, buku siswa, dan lembar aktivitas siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang terdiri atas empat tahap yaitu, define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali uji coba di dua kelas yang berbeda yaitu kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 di SMA Istiqlal Delitua. Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskripsif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi seluruh criteria validitas, baik validitas isi maupun validitas konstruk; (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi seluruh criteria kepraktisan, dilihat dari: a) penilaian validator dan b) keterlaksanaan perangkat pembelajaran; (3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi seluruh criteria keefektifan, dilihat dari: a) ketuntasan hasil belajar siswa, b) aktivitas siswa, dan c) respon positif siswa; (4) kemampuan combinatorial thinking dalam pemecahan masalah matematika siswa meningkat menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Peningkatan kemampuan combinatorial thinking siswa dilihat dari hasil tes uji coba I dan uji coba II dengan peningkatan sebesar 6,67%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 511.607 12 Amm p |
Keywords: | Perangkat Pembelajaran; Problem Based Learning; Combinatorial Thinking |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 08:33 |
Last Modified: | 21 Nov 2017 01:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27275 |