Harahap, Resti (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN MIND MAP TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8156175008 (COVER).pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. 8156175008 (APPROVAL SHEET).pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
3. 8156175008 (ABSTRACT).pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4. 8156175008 (PREFACE).pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
5. 8156175008 (TABLE OF CONTENT).pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
6. 8156175008 (TABLE).pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. 8156175008 (ILLUSTRATION).pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. 8156175008 (APPENDICS).pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. 8156175008 (CHAPTER I).pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
13. 8156175008 (CHAPTER V).pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
14. 8156175008 (BIBLIOGRAPHY).pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah: (1) pengetahuan konseptual siswa dengan menggunakan pembelajaran inquiry training berbantuan mind map lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, (2) keterampilan proses sains (KPS) siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian merupakan penelitian eksperimen dengan quasi eksperimen dengan desain two group pretes-postest desaign. Populasi Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA IT As-Syafiiyah Medan. Pemilihan sampel dilakukan secara total sampling. Sampel dibagi dalam dua kelas, kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini menggunakan tes pengetahuan konseptual dan tes keterampilan proses sains dalam bentuk observasi serta telah dinyatakan valid. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji independen sampel t-tes. Hasil postes pengetahuan konseptual pada kelas eksperimen adalah 75,20 untuk siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 56,87 dan KPS siswa pada kelas eksperimen adalah 72,93 untuk siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 66,50. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan konseptual dan KPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training berbantuan mind map lebih baik dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Har p |
Keywords: | Inquiry training; Pengetahuan konseptual; Keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Nov 2017 16:57 |
Last Modified: | 20 Nov 2017 09:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27246 |