PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN MIND MAP TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA

Harahap, Resti (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN MIND MAP TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8156175008 (COVER).pdf]
Preview
Text
1. 8156175008 (COVER).pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8156175008 (APPROVAL SHEET).pdf]
Preview
Text
2. 8156175008 (APPROVAL SHEET).pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8156175008 (ABSTRACT).pdf]
Preview
Text
3. 8156175008 (ABSTRACT).pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8156175008 (PREFACE).pdf]
Preview
Text
4. 8156175008 (PREFACE).pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8156175008 (TABLE OF CONTENT).pdf]
Preview
Text
5. 8156175008 (TABLE OF CONTENT).pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8156175008 (TABLE).pdf]
Preview
Text
6. 8156175008 (TABLE).pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8156175008 (ILLUSTRATION).pdf]
Preview
Text
7. 8156175008 (ILLUSTRATION).pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 8.  8156175008 (APPENDICS).pdf]
Preview
Text
8. 8156175008 (APPENDICS).pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8156175008 (CHAPTER I).pdf]
Preview
Text
9. 8156175008 (CHAPTER I).pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8156175008 (CHAPTER V).pdf]
Preview
Text
13. 8156175008 (CHAPTER V).pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 14. 8156175008 (BIBLIOGRAPHY).pdf]
Preview
Text
14. 8156175008 (BIBLIOGRAPHY).pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah: (1) pengetahuan konseptual siswa dengan menggunakan pembelajaran inquiry training berbantuan mind map lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, (2) keterampilan proses sains (KPS) siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian merupakan penelitian eksperimen dengan quasi eksperimen dengan desain two group pretes-postest desaign. Populasi Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA IT As-Syafiiyah Medan. Pemilihan sampel dilakukan secara total sampling. Sampel dibagi dalam dua kelas, kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini menggunakan tes pengetahuan konseptual dan tes keterampilan proses sains dalam bentuk observasi serta telah dinyatakan valid. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji independen sampel t-tes. Hasil postes pengetahuan konseptual pada kelas eksperimen adalah 75,20 untuk siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 56,87 dan KPS siswa pada kelas eksperimen adalah 72,93 untuk siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 66,50. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan konseptual dan KPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training berbantuan mind map lebih baik dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 Har p
Keywords: Inquiry training; Pengetahuan konseptual; Keterampilan proses sains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 Nov 2017 16:57
Last Modified: 20 Nov 2017 09:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27246

Actions (login required)

View Item
View Item