PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA ANTARA YANG DIBERI PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN CTL DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 AEK NATAS TAHUN AJARAN 2017/2018

Gultom, Yohana Kriyahen (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA ANTARA YANG DIBERI PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN CTL DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 AEK NATAS TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133311013 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133311013 COVER.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133311013 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133311013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133311013 kata pengantar.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133311013 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133311013 abstrak.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133311013 abstrak.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133311013 daftar isi.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133311013 daftar isi.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133311013 daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133311013 daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (3kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133311013 daftar tabel.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133311013 daftar tabel.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133311013 daftar lampiran.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133311013 daftar lampiran.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133311013 bab I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133311013 bab I.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133311013 bab V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133311013 bab V.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133311013 daftar pustaka.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133311013 daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview

Abstract

Komunikasi matematis merupakan salah satu kompetensi yang perlu
diupayakan peningkatannya sebagaimana kompetensi lainnya. Suatu cara untuk
mengungkapkan kemampuan komunikasi matematis di kalangan siswa pada
semua tingkatan adalah dengan representasi yang relevan. Untuk mengembangkan
kemampuan representasi diperlukan pemahaman matematis, yaitu pemahaman
terhadap konsep, prinsip dan strategi penyelesaian. Suatu strategi yang diharapkan
dapat diterapkan untuk menumbuhkan kemampuan pemahaman dan komunikasi
matematis siswa adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe
jigsaw dan CTL.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan
komunikasi matematis siswa yang diberi pembelajaran dengan model kooperatif
tipe Jigsaw lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan model pembelajaran
contextual teaching and learning dikelas VIII SMP Negeri 2 Aek Natas. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Aek Natas yang
terdiri dari 6 kelas dan berjumlah 187 siswa. Sedangkan yang menjadi sampel
dalam penelitian dipilih dua kelas secara random sampling, didapat kelas VIII-5
sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII-2 sebagai kelas ekaperimen II yang
masing-masing berjumlah 31 siswa. Kelas eksperimen I menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan keas eksperimen II menggunakan model
pembelajaran CTL.
Jenis penelitian ini adalah penelitian semu (quasi experiment). Pada
penelitian ini, peneliti menggunakan rpp dan las yang telah memenuhi standart
kevalitan dan reliabel. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini berupa
pretest dan posttest berbentuk uraian (essay test) yang masing-masing sebanyak 4
soal. Sebelum tes diberikan kepada siswa, terlebih dahulu tes divalidkan kepada 3
orang ahli (2 orang dosen, 1 orang guru matematika SMP Negeri 2 Aek Natas)
dan dinyatakan valid.Sebelum dilakukan penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji
pada pretest untuk mengetahui apakah kedua kelas eksperimen memiliki
kemampuan awal yang sama atau tidak. Dari analisis data kelas eksperimen I
diperoleh nilai rata-rata pretest 64,32 dan standart deviasi 12,20, sedangkan pada
kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-rata 65,52 dan standar deviasi 10,06. Dari
analisis data skor pretest diperoleh xhitung < xtabel yaitu 1,255 < 11,05 maka
disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Uji t
digunakan untuk melihat kemampuan komunikasi matematis siswa, dimana
sebelum pengujian hipotesis tersebut terlebih dahulu diuji normalitas dan
homogenitas data. Dari hasil analisis diperoleh bahwa sampel berasal dari
iv
populasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Dari
hasil analisis data pada posttest diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen I
87,5 dan standar deviasi 10,58. Sedangkan pada kelas eksperimen II diperoleh
nilai rata-ratanya 77,82 dan standar deviasi 11,95. Dari hasil uji-t pada taraf

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 136
Keywords: Komunikasi Matematis, Jigsaw, CTL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2017 15:40
Last Modified: 21 Nov 2017 03:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27236

Actions (login required)

View Item
View Item