Siagian, Yusniar (2017) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN NHT PADA MATERI BILANGAN PECAHAN BAGI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 31 MEDAN T.A 2017/ 2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133311010 COVER.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
2. NIM. 4133311010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
3. NIM. 4133311010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4. NIM. 4133311010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
5. NIM. 4133311010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
6. NIM. 4133311010 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
7. NIM. 4133311010 TABLE.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
8. NIM. 4133311010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
9. NIM. 4133311010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
13. NIM. 4133311010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
14. NIM. 4133311010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
Abstract
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan
masalah matematika antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih
tinggi dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi
bilangan pecahan bagi siswa kelas VII di SMP Negeri 31 Medan T.A 2017/ 2018.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi experimental research).
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 31 Medan T.A.
2017/ 2018 yang terdiri dari 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua
kelas yaitu seluruh siswa kelas VII- 2 dan kelas VII- 3 jumlah siswa pada masingmasing
kelas adalah 33 siswa. Kelas VII- 2 sebagai kelas eksperimen dengan
model pembelajaran kooperatif tipe Numberd Heads Together dan kelas VII- 3
kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Jenis
instrumen penelitian yang digunakan adalah Tes untuk mengukur kemampuan
pemecahan masalah matematika dengan jumlah soal pretes sebanyak 4 soal dan
jumlah soal postes sebanyak 4 soal. Sebelum soal pretes dan postes digunakan
dalam penelitian soal terlebih dahulu diujicoba apakah valid dan reliabel pada
siswa kelas IX SMP Negeri 31 Medan. Dari hasil penelitian diperoleh rata- rata
skor selish postes dan pretes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
di kelas Jigsaw 10,06061, sedangkan rata- rata skor selish postes dan pretes
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas NHT 6,878788. Dari
hasil perhinguan diperoleh = 2,763999 dan = 1,669333 dengan
dk = 64 dan = 0,05 Dapat diliihat bahwa > (2,763999 >
1,669333) maka diterima atau ditolak. Maka hasil penelitian dan
pengujian hipotesis disimpulkan Peningkatan kemampuan pemecahan masalah
matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
lebih tinggi dari pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika
yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi
pecahan bagi siswa kelas VII di SMP Negeri 31 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 129 |
Keywords: | kemampuan pemecahan masalah matematika; model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw; model pembelajaran kooperatif tipe NHT |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 15:38 |
Last Modified: | 21 Nov 2017 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27232 |