Zulfantry (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS MIFTAHUSSALAM MEDAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131111051 COVER.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
2. NIM 4131111051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
3. NIM 4131111051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
4. NIM 4131111051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM 4131111051 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
6. NIM 4131111051 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
7. NIM 4131111051 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 4131111051 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 4131111051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
13. NIM 4131111051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
14. NIM 4131111051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) Mengetahui upaya yang dilakukan untuk
meningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi bilangan pecahan di kelas VII
Miftahulssalam Medan, (2) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan
masalah siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada
materi bilangan pecahan di kelas VII Miftahulssalam Medan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek adalah
siswa kelas VII-B yang berjumlah 46 siswa. Objek penelitian ini adalah upaya
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTs
Miftahussalam melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Data yang
diperlukan diperoleh dengan menggunakan lembar observasi siswa dan guru pada
siklus I dan siklus II. Tes awal sebanyak 2 soal dan tes kemampuan pemecahan
masalah matematika sebanyak 5 soal pada siklus I dan siklus II.
Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh data
kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siklus I dari 46 siswa terdapat 2 siswa atau
4,35% yang memiliki kemampuan sangat tinggi, 17 siswa atau 36,96% memiliki
kemampuan tinggi, 4 siswa atau 8,69% memiliki kemampuan sedang, 11 siswa
atau 23,91% memiliki kemampuan rendah dan 12 siswa atau 26,08% memiliki
kemampuan sangat rendah. Pada siklus II dari 46 siswa terdapat 15 siswa atau
32,61% memiliki kemampuan sangat tinggi, 25 siswa atau 54,35% memiliki
kemampuan tinggi, 1 siswa atau 2,17% memiliki kemampuan rendah dan 5 siswa
atau 10,87% memiliki kemampuan sangat rendah. Dengan demikian dapat
dikatakan kelas tersebut telah tuntas belajar, karena terdapat 60% siswa yang
memiliki tingkat ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil observasi pada setiap
pertemuan diperoleh rata-rata kegiatan pembelajaran pada siklus I 2,89 dengan
kategori baik dan pada siklus II 3,55 dengan kategori sangat baik, dan rata-rata
aktivitas siswa pada siklus I 2,4 dengan kategori baik dan pada siklus II 3,43
dengan kategori sangat baik.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe TPS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa khususnya pada pokok bahasan bilangan pecahan di kelas VII
MTs Miftahussalam Medan dimana peningkatan diperoleh setelah siklus II
dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 131 |
Keywords: | TPS; PEMECAHAN MASALAH |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 15:37 |
Last Modified: | 21 Nov 2017 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27230 |