PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TIPE NHT BERBANTUAN GEOGEBRA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 TARUTUNG T.A.2017/2018

Hutapea, Clara Oktavia (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TIPE NHT BERBANTUAN GEOGEBRA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 TARUTUNG T.A.2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4132111002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4132111002 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4132111002 VALIDITY SHEET AND BIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4132111002 VALIDITY SHEET AND BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4132111002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4132111002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4132111002 FOREWORD.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4132111002 FOREWORD.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4132111002 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4132111002 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4132111002 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4132111002 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4132111002 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4132111002 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4132111002 APPENDIX LIST.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4132111002 APPENDIX LIST.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4132111002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4132111002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (548kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4132111002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4132111002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4132111002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4132111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa kemampuan pemahaman
konsep matematika siswa yang belajar dengan model STAD Berbantuan
Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran
NHT Berbantuan Geogebra di kelas XI SMA Negeri 1 Tarutung T.A 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh kelas XI SMA Negeri 1 Tarutung yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah
keseluruhan siswa 272 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster
sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak, maka terpilih kelas
XI MIA-1 sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 33 orang dan kelas XI
MIA-2 sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini
menggunakan instrumen dalam bentuk essay yaitu posttest yang digunakan untuk
mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Instrumen tes
tersebut terlebih dahulu divalidasi oleh tiga orang validator kompeten yaitu dua
validator dosen pendidikan matematika dan satu validator merupakan guru
matematika dan telah dinyatakan valid. Dari hasil penelitian setelah diberikan
perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran
STAD Berbantuan Geogebra dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran
NHT Berbantuan Geogebra diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar
87,484 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 82,828. Hasil uji t sepihak
dengan dk = 66 dan  = 0,05, diperoleh thitung = 2,41 dan ttabel = 1,66827 sehingga
thitung > ttabel yaitu 2,41 > 1,66827 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh
kesimpulan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang
belajar dengan model pembelajaran STAD Berbantuan Geogebra lebih tinggi
dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran NHT
Berbantuan Geogebra di kelas XI SMA Negeri 1 Tarutung T.A 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 140
Keywords: Kemampuan pemahaman konsep matematika, STAD, NHT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2017 15:33
Last Modified: 21 Nov 2017 03:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27225

Actions (login required)

View Item
View Item