Utami, Dian Rizky (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 19 MEDAN T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4133111015 COVER.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
2. 4133111015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
3. 4133111015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4. 4133111015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
5. 4133111015 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. 4133111015 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. 4133111015 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. 4133111015 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. 4133111015 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
13. 4133111015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. 4133111015 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif
matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah
pada materi sistem persamaan linier tiga variabel di kelas X MIA 1 SMA Negeri
19 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian
ini adalah siswa/i kelas X MIA 1 SMA Negeri 19 Medan T.A. 2017/2018 yang
berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif
matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran berdasarkan masalah
matematika pada materi sistem persamaan linier tiga variabel. Berdasarkan
analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes
kemampuan berpikir kreatif matematis I diperoleh 15 dari 32 siswa (46,875 %)
telah mencapai ketuntasan belajar (≥ 70) sedangkan 17 lainnya (53,125%) belum
tuntas. Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan berpikir kreatif
matematis II diperoleh 27 siswa (84,375%) telah berhasil mencapai ketuntasan
belajar (≥ 70). Terjadi peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 37,5%.
Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah
memenuhi. Nilai rata-rata pada tes kemampuan berpikir kreatif matematis pada
siklus I yaitu 55,953 dan pada siklus II meningkat menjadi 72,461. Peningkatan
nilai rata-rata yaitu sebesar 16,508 dan berada pada kategori sedang. Berdasarkan
uraian di atas disimpulkan bahwa model pembelajaran berdasarkan masalah
matematika mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa
pada materi bilangan sistem persamaan linier tiga variabel di kelas X MIA 1 SMA
Negeri 19 Medan T.A. 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 149 |
Keywords: | KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS, MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 15:30 |
Last Modified: | 21 Nov 2017 03:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27221 |