Pardede, Ratu Laminar (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN NHT KELAS VII SMP NEGERI 3 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133311047 COVER.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
2. NIM. 4133311047 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
3. NIM. 4133311047 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4. NIM. 4133311047 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
5. NIM. 4133311047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
6. NIM. 4133311047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
7. NIM. 4133311047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
8. NIM. 4133311047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. NIM. 4133311047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
10. NIM. 4133311047 BAB I.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
14. NIM. 4133311047 BAB V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
15. NIM. 4133311047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi pecahan di kelas VII SMP Negeri 3 Medan T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Medan yang terbagi dalam 11 kelas dan yang menjadi sampel penelitian adalah 2 kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VII-F menjadi kelas eksperimen 1 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas VII-G menjadi kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas data menggunakan uji F. Setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen 1 diperoleh nilai rata-rata posttest adalah 79,833 sedangkan pada kelas eksperimen 2 nilai rata-rata posttest adalah 85,167. Setelah diuji terbukti data berdistribusi normal dan homogen. Setelah data terbukti berdistribusi normal dan homogen dilakukan uji hipotesis untuk menjawab hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t pihak kanan. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung (2,04) > ttabel (1,66) maka H1 diterima yaitu terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi pecahan di kelas VII SMP Negeri 3 Medan T.A. 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 151 |
Keywords: | kemampuan pemecahan masalah matematika;STAD;NHT |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 15:29 |
Last Modified: | 21 Nov 2017 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27219 |