Situmorang, Susi Anggraini Feronika (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133111056 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
2. NIM 4133111056 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
3. NIM 4133111056 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
4. NIM 4133111056 PREFACE.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
5. NIM 4133111056 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
6. NIM 4133111056 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
7. NIM 4133111024 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
8. NIM 4133111056 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
9. NIM 4133111056 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
13. NIM 4133111056 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
14. NIM 4133111056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan scientific dapat meningkatkan kemampuan
komunikasi matematik siswa pada pokok bahasan operasi aljabar di kelas VIII SMP Negeri
12 Pematangsiantar tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-9 SMP Negeri 12 Pematangsiantar
yang berjumlah 33 orang. Objek penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan
model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan scientific untuk meningkatkan
kemampuan komunikasi matematik siswa. Dalam penelitian ini dikembangkan beberapa
perangkat pembelajaran seperti RPP, LAS dan Instrumen Penelitian. Berdasarkan hasil
analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh informasi bahwa hasil tes kemampuan
komunikasi matematik siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
jigsaw dengan pendekatan scientific pada siklus I diperoleh 20 siswa (60,61%) dari 33 siswa
telah mencapai ketuntasan kemampuan komunikasi matematik siswa, dan 13 siswa lainnya
(39,39%) belum tuntas dengan nilai rata–rata kelas 2,78. Setelah siklus II dilakukan maka
tercapai ketuntasan kemampuan komunikasi matematik siswa dan mengalami peningkatan
dari siklus I, peningkatan dari siklus I ke siklus II mencapai 8 orang siswa atau 24,24%. Dari
hasil tes kemampuan komunikasi matematik siswa siklus II diperoleh nilai rata-rata menjadi
3,07. Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah mencapai ketuntasan, karena
terdapat 80% siswa yang memiliki tingkat ketuntansan klasikal. Dari hasil analisis siklus I
dan siklus II tersebut dapat dilihat bahwa kriteria kemampuan komunikasi matematik siswa
ini telah mencapai target dan mengalami peningkatan dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan scientific. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan scientific
dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa pada materi operasi aljabar
pada siswa kelas VIII-9 SMP Negeri 12 Pematangsiantar dimana peningkatan diperoleh
setelah siklus II dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 166 |
Keywords: | KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK, MODEL JIGSAW, PENDEKATAN SCIENTIFIC |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 15:17 |
Last Modified: | 20 Nov 2017 07:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27205 |