Situmorang, Ido D. (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 SUMBUL T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133111029 COVER.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
2. NIM 4133111029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 4133111029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4. NIM 4133111029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
5. NIM 4133111029 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
6. NIM 4133111029 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
7. NIM 4133111029 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
8. NIM 4133111029 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
9. NIM 4133111029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
13. NIM 4133111029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
14. NIM 4133111029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini didasari tentang upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 3 Sumbul yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran Inkuiri pada materi pokok Sistem Persamaan Linier Dua Variabel.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap akhir siklus diberikan tes untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Instrumen penelitian ini melalui tes kemampuan pemecahan masalah dan observasi. Soal tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk uraian, di setiap akhir siklus diberikan satu kali tes kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari empat soal.
Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh pada siklus I terdapat 14 orang siswa (43,75%) yang tuntas dalam kategori kemampuan pemecahan masalah dengan nilai rata-rata 57,89. Pada siklus II diperoleh 28 orang siswa (87,5%) yang tuntas dalam kategori kemampuan pemecahan masalah dengan rata-rata 80,31. Dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 14 orang (43,75) dan nilai rata-rata meningkat sebesar 24,3. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan observer, diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti pada siklus I dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 2,25. Pada siklus II pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 2,43. Adapun upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah: (1) Membuat LAS yang berisi tentang masalah-masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, (2) Melatih siswa berdiskusi dalam kelompok untuk membuat hipotesis terhadap masalah yang diberikan.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VIII-C SMP Negeri 3 Sumbul.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 169 |
Keywords: | KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH, INKUIRI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 15:14 |
Last Modified: | 20 Nov 2017 06:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27202 |