UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 SUMBUL T.A. 2017/2018

Situmorang, Ido D. (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 SUMBUL T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133111029 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133111029 COVER.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133111029 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133111029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133111029 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133111029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133111029 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133111029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133111029 CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133111029 CONTENTS.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133111029 LIST OF ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133111029 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133111029 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133111029 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133111029 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133111029 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133111029 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133111029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133111029 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133111029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133111029 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133111029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari tentang upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 3 Sumbul yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran Inkuiri pada materi pokok Sistem Persamaan Linier Dua Variabel.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap akhir siklus diberikan tes untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Instrumen penelitian ini melalui tes kemampuan pemecahan masalah dan observasi. Soal tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk uraian, di setiap akhir siklus diberikan satu kali tes kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari empat soal.
Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh pada siklus I terdapat 14 orang siswa (43,75%) yang tuntas dalam kategori kemampuan pemecahan masalah dengan nilai rata-rata 57,89. Pada siklus II diperoleh 28 orang siswa (87,5%) yang tuntas dalam kategori kemampuan pemecahan masalah dengan rata-rata 80,31. Dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 14 orang (43,75) dan nilai rata-rata meningkat sebesar 24,3. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan observer, diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti pada siklus I dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 2,25. Pada siklus II pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 2,43. Adapun upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah: (1) Membuat LAS yang berisi tentang masalah-masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, (2) Melatih siswa berdiskusi dalam kelompok untuk membuat hipotesis terhadap masalah yang diberikan.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VIII-C SMP Negeri 3 Sumbul.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 169
Keywords: KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH, INKUIRI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2017 15:14
Last Modified: 20 Nov 2017 06:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27202

Actions (login required)

View Item
View Item