Tambunan, Herlina Alfionita (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIK SISWA SMP NEGERI 1 BILAH HULU T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4113311022 COVER.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
2. NIM.4113311022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
3. NIM. 4113311022 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4. NIM. 4113311022 Abstrak.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
5. NIM. 4113311022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
6. NIM. 4113311022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
7. NIM. 4113311022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
8. NIM. 4113311022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
9. NIM. 4113311022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
10. NIM. 4113311022 BAB I.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
14. NIM. 4113311022 BAB V.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
15. NIM. 4113311022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematik siswa setelah diterapkannya model pembelajaran quantum teaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu kelas VII-8 SMP Negeri 1 Bilah Hulu yang berjumlah 44 siswa. Objek penelitian adalah upaya meningkatkan kemampuan representasi matematik melalui penerapan model pembelajaran quantum teaching pada materi Himpunan di kelas VII-8 SMP Negeri 1 Bilah Hulu T.A 2016/2017.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Perbedaan perlakuan pada siklus I dan siklus II terletak pada tahap membimbing penyelidikan. Pada siklus I dibimbing secara individu, sedangkan siklus II dibimbing secara individu dan kelompok. Setiap akhir siklus diberikan tes kemmapuan representasi matematik sebanyak 4 soal.
Dari hasil tes awal diketahui rata-rata kemampuan representasi matematik siswa 18 dengan presentase siswa yang telah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 40,9% dari jumlah siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, hasil kemampuan representasi matematik siswa meningkat menjadi 20 siswa dengan presentase siswa yang mencapai KKM sebesar 45,4% dari jumlah siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus II, hasil kemampuan representasi matematik siswa meningkat menjadi 23 siswa dengan presentase siswa yang mencapai KKM sebesar 52,2% dari jumlah siswa.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan representasi matematik siswa kelas VII-8 SMP Negeri 1 Bilah Hulu sehingga pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran quantum teaching dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan representasi matematik siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 179 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING, REPRESENTASI MATEMATIK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 15:08 |
Last Modified: | 20 Nov 2017 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27192 |