PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN PADA SISWA KELAS IX-B DI SMP NEGERI 2 LUMBAN JULU T.A 2017/2018

Sitorus, Romli (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN PADA SISWA KELAS IX-B DI SMP NEGERI 2 LUMBAN JULU T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4132111024 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4132111024 COVER.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4132111024 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4132111024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4132111024 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4132111024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4132111024 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4132111024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4132111024 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4132111024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4132111024 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4132111024 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4132111024 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4132111024 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4132111024 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4132111024 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4132111024 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4132111024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4132111024 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4132111024 BAB V.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4132111024 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4132111024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran Example Non Example kelas IX-B SMP Negeri 2 Lumban Julu. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-B SMP Negeri 2 Lumban Julu yang berjumlah 25 siswa. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melalui model Example Non Example kelas IX-B SMP Negeri 2 Lumban Julu T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemahaman konsep untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Bentuk soal untuk setiap tes adalah uraian. Prosedur yang pertama pada penelitian ini adalah memberi tes kemampuan awal kepada kelas yang diteliti, guna untuk melihat kemampuan pemahaman konsep matematika awal siswa. Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas IX-B adalah 30,52. Kedua mengadakan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Example Non Example dengan materi kesebangunan dan kekongruenan bangun datar. Setelah pemberian tindakan melalui model pembelajaran Example Non Example pada siklus I, nilai rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep I adalah 65,08 dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 16 orang (64%). Ketiga dilakukan perbaikan dengan melanjutkan ke siklus II. Nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika II di siklus II adalah 83,57 dengan jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar klasikal sebanyak 23 orang (92%). Karena hasil tes kemampuan pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan dan ketuntasan belajar klasikal telah tercapai dan terjadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa sehingga pelaksanaan tindakan diakhiri. Dengan demikian, model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep kesebangunan dan kekongruenan siswa kelas IX-B SMP Negeri 2 Lumban Julu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 184
Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep, Example Non Example
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2017 15:05
Last Modified: 20 Nov 2017 03:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27187

Actions (login required)

View Item
View Item