PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KBT DAN STAD BERBANTUAN GRAPHMATICA DI SMP NEGERI 41 MEDAN

Sihotang, Yusepin Verawati (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KBT DAN STAD BERBANTUAN GRAPHMATICA DI SMP NEGERI 41 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133111060 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133111060 COVER.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133111060 APPROVAL SHEET_docx.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133111060 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133111060 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133111060 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133111060 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133111060 PREFACE.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133111060 LIST OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133111060 LIST OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133111060 LIST OF ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133111060 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133111060 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133111060 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133111060 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133111060 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133111060 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133111060 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133111060 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133111060 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133111060 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133111060 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe KBT dan STAD berbantuan graphmatica di SMP Negeri 41 Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 41 Medan yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 243 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara diundi sehingga didapat 2 kelas dari 8 kelas secara acak, maka terpilih kelas VIII-7 sebagai kelas eksperimen I yang berjumlah 30 orang dan kelas VIII-8 sebagai kelas eksperimen II yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen dalam bentuk uraian yaitu posttest yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Instrumen tes tersebut terlebih dahulu divalidasi oleh tiga orang validator kompeten yaitu dua validator dosen pendidikan matematika dan satu validator merupakan guru matematika dan telah dinyatakan valid. Dari hasil penelitian setelah diberikan perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen I dengan model pembelajaran KBT berbantuan Graphmatica dan kelas eksperimen II dengan model pembelajaran STAD berbantuan Graphmatica diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen I sebesar 75,5 dan nilai rata-rata kelas eksperimen II sebesar 66,83. Hasil uji t sepihak dengan dk = 58 dan  = 0,05, diperoleh thitung = 2,381 dan ttabel = 1,67155 sehingga thitung > ttabel yaitu 2,381 > 1,67155 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran KBT dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran STAD berbantuan Graphmatica. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen I lebih tinggi daripada kelas eksperimen II di SMP Negeri 41 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 187
Keywords: Kemampuan pemecahan masalah, KBT, Graphmatica, dan STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2017 15:04
Last Modified: 20 Nov 2017 03:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27184

Actions (login required)

View Item
View Item