Sihotang, Yusepin Verawati (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KBT DAN STAD BERBANTUAN GRAPHMATICA DI SMP NEGERI 41 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133111060 COVER.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
2. NIM 4133111060 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
3. NIM 4133111060 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
4. NIM 4133111060 PREFACE.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
5. NIM 4133111060 LIST OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
6. NIM 4133111060 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM 4133111060 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
8. NIM 4133111060 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
9. NIM 4133111060 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
13. NIM 4133111060 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
14. NIM 4133111060 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe KBT dan STAD berbantuan graphmatica di SMP Negeri 41 Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 41 Medan yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 243 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara diundi sehingga didapat 2 kelas dari 8 kelas secara acak, maka terpilih kelas VIII-7 sebagai kelas eksperimen I yang berjumlah 30 orang dan kelas VIII-8 sebagai kelas eksperimen II yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen dalam bentuk uraian yaitu posttest yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Instrumen tes tersebut terlebih dahulu divalidasi oleh tiga orang validator kompeten yaitu dua validator dosen pendidikan matematika dan satu validator merupakan guru matematika dan telah dinyatakan valid. Dari hasil penelitian setelah diberikan perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen I dengan model pembelajaran KBT berbantuan Graphmatica dan kelas eksperimen II dengan model pembelajaran STAD berbantuan Graphmatica diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen I sebesar 75,5 dan nilai rata-rata kelas eksperimen II sebesar 66,83. Hasil uji t sepihak dengan dk = 58 dan = 0,05, diperoleh thitung = 2,381 dan ttabel = 1,67155 sehingga thitung > ttabel yaitu 2,381 > 1,67155 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran KBT dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran STAD berbantuan Graphmatica. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen I lebih tinggi daripada kelas eksperimen II di SMP Negeri 41 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 187 |
Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah, KBT, Graphmatica, dan STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 15:04 |
Last Modified: | 20 Nov 2017 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27184 |