Siregar, Shela Agustina (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE(TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 DOLOK PANRIBUAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4132111025 COVER.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
2. 4132111025 VALIDITY SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
3. 4132111025 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4. 4132111025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
5. 4132111025 FOREWORD.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
6. 4132111025 LIST OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7. 4132111025 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
8. 4132111025 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. 4132111025 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
10. 4132111025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
14. 4132111025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
15. 4132111025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan mengetahui upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan komunikasi matematis yang dialami siswa pada materi ajar Statistika di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Dolok Panribuan Tahun Ajaran 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Dolok Panribuan yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan komunikasi matematis. Sebelum diberikan, tes terlebih dahulu divalidkan ke validator.
Hasil penelitian pada siklus I diperoleh siswa yang memahami aspek menulis mencapai 67,06% (kategori sedang), siswa yang mampu memahami aspek presentasi mencapai 64,25% (kategori buruk), dan ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 53,13% (kategori cukup). Hasil penelitian pada siklus II diperoleh siswa yang memahami aspek menulis mencapai 82,93% (kategori baik), dan siswa yang mampu memahami aspek presentasi mencapai 77,5% (kategori sedang), dan ketuntasan klasikal pada siklus II mencapai 87,5% (kategori baik).
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan observer diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti pada siklus I termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata 3,03 dan pada siklus II kategori baik dengan rata-rata 3,63.
Peningkatan kemampuan komunikasi matematis itu terjadi setelah diberikan pembelajaran melalui model TPS, media ditambah, cara penyelesaian soal dijabarkan dan jumlah kelompok dikurangi menjadi 4 orang dalam satu kelompok pasangan belajar.
Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Statistika di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Dolok Panribuan Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 188 |
Keywords: | Think Pair Share, Kemampuan Komunikasi Matematis |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 15:03 |
Last Modified: | 20 Nov 2017 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27183 |