PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)

Simanjuntak, Yanty Lestari (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN). Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN + PERSETUJUAN + PLAGIAT.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN + PERSETUJUAN + PLAGIAT.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (619kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perbedaan hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif TGT dengan hasil belajar PKn siswa yang diajarkan dengan model kooperatif CIRC. (2) mengetahui perbedaan hasil belajar PKn siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert dengan hasil belajar PKn siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert. (3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan tipe kepribadian terhadap hasil belajar PKn.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Populasi berjumlah 386 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 72 orang yang terdiri dari 36 orang kelas X-2 diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan 36 orang kelas X-3 diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Tes kepribadian dilakukan untuk mengelompokkan siswa yang mempunyai tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Metode penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar PKn siswa yang diajarkan dengan model pembelajarn kooperatif tipe TGT lebih tinggi daripada hasil belajar PKn siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC, dengan Fhitung = 4,00 > Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan α = 0,05 ; (2) hasil belajar PKn siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert lebih tinggi dibandingkan hasil belajar PKn siwa yang memiliki tipe kepribadian introvert, dengan Fhitung = 7,8079 > Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan α =0,05; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan tipe kepribadian dalam mempengaruhi hasil belajar siswa, dengan Fhitung = 48,7864 > Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan α = 0,05. Hipotesis ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tepat daripada model pembelajaran CIRC dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa, dan siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert akan memperoleh hasil belajar lebih baik daripada siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.832 Sim p
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif; Tipe Kepribadian
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 17 Nov 2017 08:23
Last Modified: 17 Nov 2017 01:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27169

Actions (login required)

View Item
View Item