Yuandini, Feggi (2017) EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTU MEDIA FLASH DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156175005 COVER.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
2. NIM 8156175005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (698kB) | Preview
3. NIM. 8156175005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4. NIM. 8156175005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
5. NIM. 8156175005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
6. NIM. 8156175005 TABLE.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7. NIM. 8156175005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. NIM. 8156175005 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. NIM. 8156175005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
13. NIM. 8156175005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
14. NIM. 8156175005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengetahuan konseptual siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation berbantu media Flash lebih baik daripada pengetahuan konseptual siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional; untuk mengetahui apakah pengetahuan konseptual siswa yang mempunyai sikap ilmiah tinggi lebih baik dari siswa yang mempunyai sikap ilmiah rendah; untuk mengetahui apakah ada interaksi antara model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation berbantu media flash dengan sikap ilmiah siswa dalam meningkatkan pengetahuan konseptual siswa. Jenis penelitian ini termasuk penelitian quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA semester II SMA Negeri 1 Hamparan Perak pada Tahun Ajaran 2016/2017. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantu media flash dan kelas kedua dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes pengetahuan konseptual dan angket sikap ilmiah yang telah divalidkan dan reliabel. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan konseptual siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantu media flash dengan nilai rata-rata 70 lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata 62. Pengetahuan konseptual siswa yang mempunyai sikap ilmiah di atas rata-rata dengan nilai 69,66 dan berkategori tinggi lebih baik dari siswa yang mempunyai sikap ilmiah di bawah rata-rata dengan nilai 62,58 dan berkategori tinggi. Terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantu media flash dan sikap ilmiah terhadap pengetahuan konseptual siswa sebesar 0,041. Interaksi ini menunjukkan pengetahuan konseptual siswa dominan pada model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantu media flash pada kelompok siswa yang mempunyai sikap ilmiah diatas rata-rata.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Yua e |
Keywords: | Group Investigation; Macromedia Flash; Sikap Ilmiah; Pengetahuan Konseptual |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 08:21 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 10:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27149 |