Guntur, Muhammad (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA SMP NEGERI 1 BESITANG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146172044 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 8146172044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
3. NIM. 8146172044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4. NIM. 8146172044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
5. NIM. 8146172044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM. 8146172044 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 8146172044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 8146172044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
12. NIM. 8146172044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
13. NIM. 8146172044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis : (1) Apakah Peningkatan kemampuan Komunikasi matematis siswa yang diajarkan melalui Pembelajaran PMR lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, (2) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis, (3) Apakah peningkatan Disposisi matematis siswa yang diajarkan melalui pembelajaran PMR lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, (4) Apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan disposisi matematis, (5) Proses jawaban soal matematika siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah yang berkaitan dengan kemampuan komunikasi matematis pada masing – masing pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa siswa kelas VII SMP N.1 Besitang yang memiliki rombongan belajar lebih dari 1. Secara acak, dipilih 2 kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran PMR, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan awal matematika, tes kemampuan komunikasi matematis dan angket disposisi matematik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji ANOVA Dua Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa yang diberi pembelajaran PMR secara signifikan lebih Tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional. Selain itu, terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa kemampuan tinggi, sedang, dan rendah yang diberi pendekatan PMR, sedangkan pada peningkatan disposisi matematis antara siswa kemampuan tinggi, sedang, dan rendah yang diberi pembelajaran PMR tidak terdapat perbedaan, tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis. Hasil penelitian lainnya, jumlah dan persentase siswa yang memperoleh batas skor 65% atau lebih pada postes kemampuan komunikasi matematis untuk kelompok pembelajaran PMR sebanyak 38 dari 65 orang atau sebesar 58,46% dan kelompok pembelajaran konvensional sebanyak 22 dari 63 orang atau sebesar 34,92%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Gun p |
Keywords: | Peningkatan kemampuan komunikasi; Pendidikan matematika; Realistik; Disposisi matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 08:19 |
Last Modified: | 04 Dec 2017 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27125 |