Tambuban, Lucky Sindy (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN GROUP INVESTIGATION PADA MATERI SISTEM IMUN DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 10 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133341077 COVER.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
2. NIM 4133341077 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
3. NIM 4133341077 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
4. NIM 4133341077 PREFACE.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5. NIM 4133341077 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM 4133341077 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM 4133341077 TABLES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM 4133341077 APPANDICES.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
9. NIM 4133341077 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
13. NIM 4133341077 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
9. NIM 4133341077 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe Numbered Head Together dengan tipe Group Investigation pada materi Sistem Imunitas di kelas XI IPA SMAN 10 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 111 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan secara random yang terdiri dari dua kelas yaitu 76 siswa dengan jumlah siswa 38 orang dalam tiap kelas. Kelas pertama diajarkan dengan model Numbered Head Together dan kelas kedua diajarkan dengan model Group Investigation. Alat pengumpul data pada penelitian ini berupa tes pilihan berganda sebanyak 30 soal dan lembar observasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe Numbered Head Together dengan tipe Group Investigation. Nilai rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model Numbered Head Together adalah 80,58 dengan SD = 6,74, dan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model Group Investigation adalah 74,82 dengan SD = 6,54. Aktivitas siswa yang diamati adalah aktivitas melihat, aktivitas mendengar, aktivitas berbicara dan aktivitas menulis. Dari keempat aspek aktivitas tersebut, aktivitas yang tertinggi adalah aktivitas mendengar dan aktivitas yang terendah adalah aktivitas menulis. Aktivitas melihat dan aktivitas berbicara berada di urutan kedua dan ketiga. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa aktivitas siswa di kelas Group Investigation lebih tinggi dari aktivitas siswa di kelas Numbered Head Together. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe Numbered Head Together dengan tipe Group Investigation pada materi Sistem Imunitas di kelas XI IPA SMAN 10 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 174 |
Keywords: | Hasil Belajar; Aktivitas; Numbered Head Together dan Group Investigation |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QR Microbiology > QR180 Immunology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 09:17 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 06:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27109 |