Marlina, Lenni (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIA PADA MATERI FUNGI DI MAN LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133341014 COVER.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
2. NM 4133341014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
3. NIM 4133341014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
4. NIM 4133341014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
5. NIM 4133341014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM 4133341014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
7. NIM 4133341014 TABLES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM 4133341014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
9. NIM 4133341014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
13. NIM 4133341014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. NIM 4133341014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray pada materi pokok fungi dikelas X MIA MAN Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dan dilakukan di kelas X MIA MAN Lubuk Pakam, rancangan/desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group design. Sampel berjumlah 72 orang siswa yang pengambilannya berdasarkan random sampling. Instrumen yang yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes objektif berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 20 soal dan lembar observasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray pada materi fungi meningkatkan penguasaan siswa yaitu ≥75% materi pelajaran, tingkat ketuntasan belajar klasikal sebesar 91,67% dengan kategori sangat tinggi, dan ketercapaian seluruh indikator telah terpenuhi 100%. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari pertemuan pertama, pertemuan kedua, hingga pertemuan ketiga. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray dikategorikan efektif dalam pembelajaran fungi di kelas X MIA MAN Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 184 |
Keywords: | Kooperatif; Two Stay Two Stray; Hasil Belajar Biologi; Efektivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 09:14 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 06:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27098 |