Damanik, Jojep Budi Utama (2017) ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 RAYA T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. NIM. 4103141031 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2. NIM. NIM. 4103141031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
3. NIM. NIM. 4103141031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4. NIM. NIM. 4103141031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
5. NIM. NIM. 4103141031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM. NIM. 4103141031 TABLES.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
7. NIM. NIM. 4103141031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. NIM. 4103141031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM. NIM. 4103141031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
13. NIM. NIM. 4103141031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
14. NIM. NIM. 4103141031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
Abstract
Pada proses belajar mengajar disekolah sering ditemukan adanya siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor sekolah dan faktor psikologis yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada bidang studi biologi di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Raya Tahun Pembelajaran 2016/2017. Data faktor kesulitan belajar siswa diperoleh melalui angket yang divalidkan oleh validator (ahli), sedangkan siswa yang mengalami kesulitan belajar adalah siswa yang memiliki nilai ≤ KKM yang diperoleh melalui hasil belajar dari nilai ulangan semester ganjil siswa. Sampel penelitian adalah 32 orang siswa yang berkesulitan belajar yang diambil secara sampel purposive. Melalui teknik analisis data yaitu teknik analisis deskriptif persentase diketahui adanya faktor kesulitan belajar, seperti faktor sekolah 70,56% yang berarti memiliki tingkat kesulitan yang cukup menghambat. Pada penelitian ini yang termasuk faktor sekolah yaitu sumber belajar 57,55%, pendekatan dan strategi pembelajaran 82,29%, metode mengajar 69,79%, media pembelajaran 58,59%, laboratorium 69,27%, kurikulum 87,24%, relasi guru dengan siswa71,09%, relasi siswa dengan siswa 55,20%, disiplin guru 74,22%, standar pelajaran 80,20%, waktu/jam sekolah 69,92%, dan keadaan gedung 72,26%. Selain faktor sekolah, kesulitan belajar juga dipengaruhi faktor psikologis yaitu 64,90% yang berarti memiliki tingkat kesulitan yang cukup menghambat. Pada penelitian ini yang termasuk faktor psikologis yaitu intelegensi 70,31%, perhatian 66,40%, minat 61,46%, motivasi 61,46%. Berdasarkan skor keseluruhan adalah 4067 dari skor ideal 5888 atau 69,12%, berarti siswa memiliki kesulitan belajar yang cukup menghambat. Berdasarkan hasil analisis angket yang dilakukan, didapatkan bahwa faktor yang paling mempengaruhi tingkat kesulitan belajar siswa adalah faktor sekolah yaitu relasi siswa dengan siswa sebesar 55,20% yang tergolong kriteria menghambat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 201 |
Keywords: | Kesulitan Belajar, faktor sekolah, faktor psikologis, biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 09:09 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 04:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27090 |