Sidabutar, Yanti Arasi (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SD NEGERI 060841 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156182045 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM. 8156182045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
3. NIM. 8156182045 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM. 8156182045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 8156182045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. NIM. 8156182045 TABLES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM. 8156182045 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8156182045 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 8156182045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
13. NIM. 8156182045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM. 8156182045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh kemampuan menulis karangan narasi siswa yang diajar dengan menggunakan media gambar berseri dan yang diajarkan dengan menggunakan media lagu, (2) pengaruh kemampuan menulis karangan narasi siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah, (3) interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian semu (quasi eksperimen). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 060841. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara total sampling sebanyak dua kelas. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan media gambar berseri dan kelas kontrol diberikan perlakuan menggunakan media lagu. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan menulis narasi dalam bentuk essay test dan lembar angket kemampuan berpikir kreatif siswa yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan (1) kemampuan menulis karangan narasi siswa dengan menggunakan media gambar berseri lebih tinggi daripada kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan media lagu. Hal ini terlihat dari rerata hasil belajar siswa yang diajar dengan media gambar berseri (x =81,80), sedangkan yang diajar dengan media lagu (x = 70,60) (2) kemampuan menulis karangan narasi siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah. Hal ini terlihat dari rerata hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi (x = 81,92), sedangkan siswa kemampuan berpikir kreatif rendah (x = 70,50) (3) terdapat interaksi antara media pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.623 Sid p |
Keywords: | Media pembelajaran; Kemampuan berpikir kreatif; Menulis narasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Nov 2017 09:55 |
Last Modified: | 09 Nov 2017 01:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26981 |