PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN KELAS VII DI SMP PANCA BUDI MEDAN

Lubis, Madina Qudsia (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN KELAS VII DI SMP PANCA BUDI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156181015 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156181015 COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156181015 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156181015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156181015 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156181015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156181015 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156181015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156181015 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156181015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156181015 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156181015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156181015 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156181015 TABLES.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156181015 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156181015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156181015 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156181015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156181015 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156181015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156181015 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156181015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PKn peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Blended Learning dan model pembelajaran Resource Based Learning, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang memiliki gaya belajar auditori dan visual, dan untuk mengetahui ada tidaknya interaksi antara Model pembelajaran dengan gaya belajar peserta didik dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar PKn di Kelas VII SMP Panca Budi Medan. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan menggunakan eksperimen di dalam kelas. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain factorial 2x2 dengan tehnik analisis varians (ANAVA) 2 jalur. Rancangan ini menetapkan kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model pembelajaran Blended Learning, dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan model pembelajaran Resource Based Learning. Sampel yang akan diteliti berjumlah 36 peserta didik yang terdiri dari 18 kelas eksperimen dan 18 kelas kontrol. Teknik penggumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan angket gaya belajar. Hasil penelitian menunjukan: (1) perbedaan model Blended Learning memperoleh hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang diajarkan dengan model Resource Based Learning ditunjukan Sig. 0.012 < 0.05, (2) terdapat perbedaan memperoleh hasil belajar pendidikan kewarganegaraan lebih tinggi gaya belajar auditori dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki gaya belajar visual ditunjukan Sig. 0.014 < 0.05, dan (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar pendidikan kewarganegaraan peserta didik ditunjukkan dengan Sig. 0.238 >0.05.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.832 Lub p
Keywords: Model Pembelajaran; Blended Learning; Hasil Belajar; Gaya Belajar; Auditori; Visual; interaksi; Resource Based Learning
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Nov 2017 09:55
Last Modified: 09 Nov 2017 01:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26977

Actions (login required)

View Item
View Item