Lubis, Madina Qudsia (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN KELAS VII DI SMP PANCA BUDI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156181015 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM. 8156181015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
3. NIM. 8156181015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 8156181015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. NIM. 8156181015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 8156181015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 8156181015 TABLES.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
8. NIM. 8156181015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM. 8156181015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
13. NIM. 8156181015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
14. NIM. 8156181015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PKn peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Blended Learning dan model pembelajaran Resource Based Learning, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang memiliki gaya belajar auditori dan visual, dan untuk mengetahui ada tidaknya interaksi antara Model pembelajaran dengan gaya belajar peserta didik dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar PKn di Kelas VII SMP Panca Budi Medan. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan menggunakan eksperimen di dalam kelas. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain factorial 2x2 dengan tehnik analisis varians (ANAVA) 2 jalur. Rancangan ini menetapkan kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model pembelajaran Blended Learning, dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan model pembelajaran Resource Based Learning. Sampel yang akan diteliti berjumlah 36 peserta didik yang terdiri dari 18 kelas eksperimen dan 18 kelas kontrol. Teknik penggumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan angket gaya belajar. Hasil penelitian menunjukan: (1) perbedaan model Blended Learning memperoleh hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang diajarkan dengan model Resource Based Learning ditunjukan Sig. 0.012 < 0.05, (2) terdapat perbedaan memperoleh hasil belajar pendidikan kewarganegaraan lebih tinggi gaya belajar auditori dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki gaya belajar visual ditunjukan Sig. 0.014 < 0.05, dan (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar pendidikan kewarganegaraan peserta didik ditunjukkan dengan Sig. 0.238 >0.05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Lub p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Blended Learning; Hasil Belajar; Gaya Belajar; Auditori; Visual; interaksi; Resource Based Learning |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Nov 2017 09:55 |
Last Modified: | 09 Nov 2017 01:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26977 |