PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DI SMP NEGERI 1 KOTAPINANG

Siregar, Trio Putra (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DI SMP NEGERI 1 KOTAPINANG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156171075 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156171075 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156171075 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156171075 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156171075 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156171075 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156171075 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156171075 PREFACE.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156171075 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156171075 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156171075 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156171075 TABLES.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156171075 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156171075 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156171075 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156171075 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (455kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8156171075 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8156171075 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156171075 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156171075 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (3) interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah, (4) interaksi antara pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kotapinang dan sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak, dua kelas yang terpilih adalah kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen II, masing-masing berjumlah 32 siswa. Instrument yang digunakan terdiri dari:(1) tes kemampuan pemecahan masalah dan (2) tes kemampuan komunikasi matematis. Analisis data dilakukan dengan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (3) terdapat interaksi antara pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah, dan (4) terdapat interaksi antara pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Sir p
Keywords: Kemampuan pemecahan masalah; Kemampuan komunikasi matematis; Model pembelajaran kooperatif tipe TPS; Model pembelajaran kooperatif tipe STAD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Nov 2017 09:55
Last Modified: 01 Nov 2017 07:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26976

Actions (login required)

View Item
View Item