Syafitri, Sindi (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156171067 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. NIM. 8156171067 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
3. NIM. 8156171067 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4. NIM. 8156171067 PREFACE.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. NIM. 8156171067 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
6. NIM. 8156171067 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7. NIM. 8156171067 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. NIM. 8156171067 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
12. NIM. 8156171067 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
13. NIM. 8156171067 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) produk pengembangan bahan ajar yang valid dan efektif melalui model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kecerdasan emosional siswa; 2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kecerdasan emosional siswa dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan melalui model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, buku siswa, lembar aktivitas siswa, dan instrumen-instrumen. Pengembangan bahan ajar melalui model pembelajaran problem based learning ini menggunakan model 4-D yang meliputi proses tahapan define, desaign, develop, dan disseminate. Populasi uji coba dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Beringin, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (X RPL1) sebanyak 36 orang siswa untuk uji coba 1 dan setelah perangkat dianalisis dan direvisi kemudian dilakukan uji coba 2 di kelas X RPL3 sebanyak 35 orang siswa. Pada uji coba 1 belum diperoleh bahan ajar yang efektif karena kriteria efektif yang pertama yaitu ketercapaian penguasaan kemampuan komunikasi matematis siswa belum terpenuhi secara klasikal, maka dilanjutkan ke uji coba 2. Berdasarkan hasil uji coba 2 diperoleh: 1) bahan ajar yang memenuhi kriteria keefektifan berdasarkan hasil tes kemampuan komunikasi matematis memenuhi ketuntasan klasikal, kecerdasan emosional siswa setelah pembelajaran lebih baik dari sebelum pembelajaran, pencapaian persentase waktu ideal, dan siswa memberikan respon yang positif, 2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis dari ujicoba I ke ujicoba II sebesar 12,23% dan peningkatan skor kecerdasan emosional siswa dari ujicoba I ke ujicoba II sebesar 1,5 poin.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sya p |
Keywords: | Pengembangan bahan ajar; Komunikasi matematis; Kecerdasan emosional; Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Nov 2017 09:55 |
Last Modified: | 01 Nov 2017 06:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26975 |