Jamiah, Rizqi (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK BERNUANSA ETNOMATEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156171024 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM 8156171024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
3. NIM 8156171024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. NIM 8156171024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
5. NIM 8156171024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM 8156171024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM 8156171024 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM 8156171024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
12. NIM 8156171024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
13. NIM 8156171024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendidikan matematika realistik bernuansa etnomatematik ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Kevalidan, kepraktisan, keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, 2) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) , menggunakan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Produk yang dihasilkan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, buku siswa, lembar aktivitas siswa dan tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 dan VII-5 SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Dari hasil uji coba lapangan I dan uji coba lapangan II diperoleh : 1) Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid, praktis, sebesar 72,73% dan efektif sebesar 86,7%, 2) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diperoleh dari peningkatan rata-rata setiap indikator sebesar 0,53 yang artinya berada dalam kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Jam p |
Keywords: | Learning Devices; Realistics Mathemathics Education; Mathemathical Communication Skill |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Nov 2017 09:55 |
Last Modified: | 02 Nov 2017 06:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26968 |