PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK BERNUANSA ETNOMATEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN

Jamiah, Rizqi (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK BERNUANSA ETNOMATEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8156171024 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8156171024 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8156171024 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8156171024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8156171024 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8156171024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8156171024 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8156171024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8156171024 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8156171024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8156171024 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8156171024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8156171024 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8156171024 TABLES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8156171024 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8156171024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 8156171024 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 8156171024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8156171024 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8156171024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview

Abstract

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendidikan matematika realistik bernuansa etnomatematik ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Kevalidan, kepraktisan, keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, 2) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) , menggunakan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Produk yang dihasilkan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, buku siswa, lembar aktivitas siswa dan tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 dan VII-5 SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Dari hasil uji coba lapangan I dan uji coba lapangan II diperoleh : 1) Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid, praktis, sebesar 72,73% dan efektif sebesar 86,7%, 2) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diperoleh dari peningkatan rata-rata setiap indikator sebesar 0,53 yang artinya berada dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Jam p
Keywords: Learning Devices; Realistics Mathemathics Education; Mathemathical Communication Skill
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Nov 2017 09:55
Last Modified: 02 Nov 2017 06:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26968

Actions (login required)

View Item
View Item