PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI PONPES AL-ANSOR PADANG SIDIMPUAN TENGGARA

Dalimunthe, Dewi Shara (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI PONPES AL-ANSOR PADANG SIDIMPUAN TENGGARA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 8156122004 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 8156122004 COVER.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 8156122004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM 8156122004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 8156122004 ABSTRCT.pdf]
Preview
Text
03. NIM 8156122004 ABSTRCT.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 8156122004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM 8156122004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 8156122004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM 8156122004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM 8156122004 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
06. NIM 8156122004 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 8156122004 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
07. NIM 8156122004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 8156122004 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08. NIM 8156122004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM 8156122004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. NIM 8156122004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8156122004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8156122004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8156122004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8156122004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan antara lain: (1) Mengetahui perbandingan hasil belajar ekonomi siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran diskoveri dan hasil belajar ekonomi siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) Mengetahui perbandingan hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert dengan siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert, dan (3) Mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan tipe kepribadian dalam mempengaruhi hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Ponpes Al-Ansor yang terletak di Padang Sidimpuan Tenggara pada semester genap untuk tahun ajaran 2016/2017. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Mei 2017. Populasi yang digunakan adalah keseluruhan kelas XI yang terdiri dari 3 kelas. Sampel yang ditetapkan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, dimana kelas XI-B dijadikan kelas yang menggunakan strategi diskoveri dan kelas XI-A menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Tes kepribadian kemudian dilaksanakan untuk mengelompokkan siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Metode penelitiaan yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain factorial 2x2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan analisis inferensial dengan ANAVA dua jalur yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sebelumnya, data juga harus dianalisis dari segi normalitas dan homogenitas variansnya. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasi belajar ekonomi siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran diskoveri lebih tinggi daripada hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, dimana Fhitung= 4,265 >Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan α = 0,05; (2) Hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert lebih tinggi dari pada hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert dimana nilai Fhitung= 4,71 >Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan α = 0,05; (3) Adanya interaksi antara strategi pembelajaran dan tipe kepribadian dalam mempengaruhi hasil belajar ekonomi siswa, dengan Fhitung= 9,43 >Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil dari analisa ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran diskoveri lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa dibandingkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, dan siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert akan memiliki hasil belajar ekonomi yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.8 Dal p
Keywords: Strategi pembelajaran; Tipe kepribadian; Kepribadian ekstrovert; Kepribadian introvert
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Nov 2017 09:54
Last Modified: 09 Nov 2017 01:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26961

Actions (login required)

View Item
View Item