Parhusip, Bindranato (2009) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 NAINGGOLAN. Masters thesis, UNIMED.
UNIMED-Master-718-061188230027 - Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
UNIMED-Master-718-061188230027 - Abstrak.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
UNIMED-Master-718-061188230027 - Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
UNIMED-Master-718-061188230027 - Bab I.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
UNIMED-Master-718-061188230027 - Bab V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
UNIMED-Master-718-061188230027 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Tujuan penenlitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah basil belajar matematika yang diajar dengan strategi pembelajaran Quantum Teaching lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, dan (3) untuk mengetahui apakah ada interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi siswa dalam mempengaruhi hasil belajar matematika.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nainggolan terdiri atas 4 kelas dengan jumlah siswa 118 orang. Sampel penelitian ini ditetapkan kelas VIII-1 dilaksanakan strategi pembelajaran Quntum Teaching dan kelas VIII-2 dilaksanakan strategi pembelajaran ekspositori. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. lnstrumen penelitian untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 32 butir. Untuk menjaring data motivasi berprestasi siswa dilakukan melalui tes yang telah diuji kevalidtannya oleh ahli psikologi. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian penelitian faktorian 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan a = 0,05.Temuan penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Quantum Teaching ( X = 23,26) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori ( X = 22,05), dengan Fhitung = 14,64 > Ftabet = 1,02, (2) hasil belajar matematika siswa dengan motivasi berprestasi tinggi ( X = 25,08) lebih tinggi dari hasil belajar siswa denganmotivasi berprestasi rendah( = 20,12) dengan Fhitung = 1,18 > Ftabei = 1,02, (3)terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap basil belajar matematika, dengan Flutung = 5,05 > Fthbei = 1,02. Perhitungan uji lanjut dengan Uji Schefee menunjukkan perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Quantum Teaching dan strategi pembelajaran ekspositori, begitu juga dengan hasil belajar matematika antara motivasi berprestasi tinggi dengan motivasi berprestasi rendah. lnteraksi yang terjadi adalah basil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar motivasi berprestasi rendah jika diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Quantum Teaching, sebaliknya hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah lebih tinggi jika diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Par p |
Keywords: | Quantum Teaching; Motivasi; Hasil Belajar Matematika; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 25 Apr 2016 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2694 |