Gea, Brilyani (2017) PENGARUH MODEL INQUIRY TERBIMBING MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI KOMPUTER DAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 4133331036 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
NIM 4133331036 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
NIM 4133331036 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
NIM 4133331036 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
NIM 4133331036 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
NIM 4133331036 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
NIM 4133331036 ILUSTRATIONS.pdf.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
NIM 4133331036 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
NIM 4133331036 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
NIM 4133331036 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
NIM 4133331036 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa dengan menerapkan model pembelajaran inquiry terbimbing menggunakan media animasi komputer dan peta konsep pada pokok bahasan larutan penyangga di SMA Negeri 14 Medan. Sampel penelitian yaitu kelas eksperimen I yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran inquiry terbimbing menggunakan media animasi komputer dan kelas eksperimen II yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran inquiry terbimbing menggunakan media peta konsep. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar siswa, angket motivasi belajar siswa serta lembar observasi aktivitas belajar siswa. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t-dua pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa yang dibelajarkan dengan menerapkan model pembelajaran inquiry terbimbing menggunakan media animasi komputer dan peta konsep pada pokok bahasan larutan penyangga. Hal ini diperoleh dari analisis data gain. Untuk hasil belajar rata-rata gain yang diperoleh siswa kelas eksperimen I sebesar 0,73 dan pada kelas eksperimen II sebesar 0,66. Sedangkan untuk motivasi belajar rata-rata gain yang diperoleh siswa kelas eksperimen I sebesar 0,62 dan pada kelas eksperimen II sebesar 0,55. Selain itu, diketahui bahwa rata-rata nilai hasil aktivitas belajar siswa yang diamati oleh observer sebanding dengan nilai angket motivasi belajar dari kedua kelas eksperimen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 202 |
Keywords: | Model pembelajaran Inquiry terbimbing, media animasi komputer dan peta konsep, peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 09:25 |
Last Modified: | 07 Nov 2017 03:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26877 |