Tobing, Hensen Frederich Lumban (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN MATEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133131024 COVER.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
2. NIM 4133131024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
3. NIM 4133131024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
4. NIM 4133131024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
5. NIM 4133131024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
6. NIM 4133131024 TABLES.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
7. NIM 4133131024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
8. NIM 4133131024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
9. NIM 4133131024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
13. NIM 4133131024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
14. NIM 4133131024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: adanya interaksi antara model
pembelajaran dan kemampuan matematik terhadap hasil belajar kimia siswa pada
materi konsep mol; adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kimia
siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri dan model
pembelajaran direct instruction pada materi konsep mol; adanya perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar kimia siswa yang memiliki kemampuan matematik
tinggi dan kemampuan matematik rendah pada materi konsep mol. Penelitian ini
dilaksanakan di SMA N-9 Medan dan merupakan penelitian eksperimen. Sampel
penelitian ini berjumlah 78 siswa, yang terdiri dari kelas eksperimen I dan kelas
eksperimen II. Uji statistik yang digunakan adalah : (1) Uji ANAVA dua jalur/ GLM
Univariate; (2) Uji t dua pihak/ Independent sample t test; (3) Uji t dua pihak/
Independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen I
(86,79 ± 7,48) dan kelas eksperimen II (79,87 ± 7,02). Selain itu, peneliti juga
menemukan bahwa: (1) ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan
matematik terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi konsep mol, dimana Fhit
6,137 > Ftabel 4,00, sehingga Ha diterima; (2) ada perbedaan yang signifikan antara
hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri dan
model pembelajaran direct instruction pada materi konsep mol, dimana thitung 4,215
> ttabel 2,00, sehingga Ha diterima; (3) ada perbedaan yang signifikan antara hasil
belajar kimia siswa yang memiliki kemampuan matematik tinggi dan kemampuan
matematik rendah pada materi konsep mol , dimana thitung 4,225 > ttabel 2,00,
sehingga Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 205 |
Keywords: | hasil belajar kimia; kemampuan matematik; model pembelajaran direct instruction dan model pembelajaran inkuiri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 09:23 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 08:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26874 |