INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PENGAJARAN REDOKS DAN ELEKTROKIMIA

Pratiwi, Giska (2017) INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PENGAJARAN REDOKS DAN ELEKTROKIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133131020 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133131020 COVER.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133131020 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133131020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133131020 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133131020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133131020 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133131020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133131020 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133131020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133131020 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133131020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133131020 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133131020 TABLES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133131020 APPENDIX.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133131020 APPENDIX.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133131020 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133131020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133131020 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133131020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133131020 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133131020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Inovasi pembelajaran berbasis kontekstual untuk pengajaran redoks dan
elektrokimia dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas
XII SMA Sultan Agung Pematangsiantar. Penelitian bertujuan untuk menciptakan
bahan ajar inovatif berbasis kontekstual yang dapat meningkatkan hasil belajar
kimia siswa pada materi redoks dan elektrokimia.
Kriteria validitas bahan ajar yang dibuat diukur menggunakan angket
penilaian kelayakan bahan ajar BSNP. Keberhasilan bahan ajar dalam
meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada materi redoks dan elektrokimia dilihat
dari kemampuan siswa dalam mengerjakan soal kimia sebelum dan sesudah proses
penbelajaran. Data hasil belajar siswa diolah menggunakan metode Independent
Sample T-test.Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil antara kelas yang
diajar dengan bahan ajar inovatif berbasis kontekstual untuk pengajaran redoks dan
elektrokimia dengan kelas yang diajar tanpa bahan ajar inovatif berbasis
kontekstual terlihat dari hasil analisis statistik (thit = 7,8 > ttabel = 2,00).
Penggunaan bahan ajar inovatif berbasis kontekstual pada materi redoks dan
elektrokimia berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada
materi tersebut. Dengan melihat keberhasilan ini maka perlu dipikirkan untuk
aplikasi inovasi pembelajaran berbasis kontekstual pada materi kimia lain atau
pengajaran materi bidang studi lain diluar mata pelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 KIM 217
Keywords: Kontekstual, Bahan Ajar, BSNP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 Oct 2017 09:18
Last Modified: 30 Oct 2017 07:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26864

Actions (login required)

View Item
View Item