Pratiwi, Giska (2017) INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PENGAJARAN REDOKS DAN ELEKTROKIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133131020 COVER.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
2. NIM 4133131020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
3. NIM 4133131020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
4. NIM 4133131020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
5. NIM 4133131020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM 4133131020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM 4133131020 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM 4133131020 APPENDIX.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM 4133131020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
13. NIM 4133131020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
14. NIM 4133131020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Inovasi pembelajaran berbasis kontekstual untuk pengajaran redoks dan
elektrokimia dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas
XII SMA Sultan Agung Pematangsiantar. Penelitian bertujuan untuk menciptakan
bahan ajar inovatif berbasis kontekstual yang dapat meningkatkan hasil belajar
kimia siswa pada materi redoks dan elektrokimia.
Kriteria validitas bahan ajar yang dibuat diukur menggunakan angket
penilaian kelayakan bahan ajar BSNP. Keberhasilan bahan ajar dalam
meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada materi redoks dan elektrokimia dilihat
dari kemampuan siswa dalam mengerjakan soal kimia sebelum dan sesudah proses
penbelajaran. Data hasil belajar siswa diolah menggunakan metode Independent
Sample T-test.Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil antara kelas yang
diajar dengan bahan ajar inovatif berbasis kontekstual untuk pengajaran redoks dan
elektrokimia dengan kelas yang diajar tanpa bahan ajar inovatif berbasis
kontekstual terlihat dari hasil analisis statistik (thit = 7,8 > ttabel = 2,00).
Penggunaan bahan ajar inovatif berbasis kontekstual pada materi redoks dan
elektrokimia berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada
materi tersebut. Dengan melihat keberhasilan ini maka perlu dipikirkan untuk
aplikasi inovasi pembelajaran berbasis kontekstual pada materi kimia lain atau
pengajaran materi bidang studi lain diluar mata pelajaran kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 217 |
Keywords: | Kontekstual, Bahan Ajar, BSNP |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 09:18 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 07:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26864 |