Sihombing, Yusuf david (2017) INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PENGAJARAN SISTEM KOLIGATIF LARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133131064 COVER.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
2. NIM 4133131064 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
3. NIM 4133131064 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
4. NIM 4133131064 PREFACE.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5. NIM 4133131064 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
6. NIM 4133131064 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
7. NIM 4133131064 TABLES.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
8. NIM 4133131064 APPENDIX.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
9. NIM 4133131064 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
13. NIM 4133131064 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
14. NIM 4133131064 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu bahan ajar inovatif berupa
modul kontekstual yang memenuhi standar kelayakan BSNP serta untuk
mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan bahan ajar
inovatif dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan bahan ajar inovatif. Populasi
siswa dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA di SMA Swasta Bayu
Pertiwi yang berjumlah 3 kelas dengan total jumlah siswa 81 siswa. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik random sampling sederhana yaitu dengan
melakukan undian. Siswa pada kelas kontrol berjumlah 26 orang dan pada kelas
eksperimen berjumlah 28 orang. Namun sampel yang digunakan hanya berjumlah
25 orang dari masing-masing kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014 BSNP Yang Telah
Dimodifikasi (Kuesioner) yang digunakan untuk menguji kelayakan bahan ajar
serta tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Dalam pengujian bahan
ajar inovatif didapatkan rata-rata nilai 3,61 dari skala 1-4 untuk kelayakan isi, 3,70
untuk kelayakan bahasa, 3,59 untuk kelayakan penyajian dan 3,69 untuk kelayakan
kegrafikan, sehingga rata-rata umumnya adalah 3,65 dan masuk kedalam kriteria
“baik sekali”. Sebagai prasyarat uji hipotesis, data hasil belajar kedua kelompok
sampel diuji normalitas dan homogenitasnya dan diperoleh data kedua kelompok
sampel yang berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan
menggunakan independent sample t-test (uji-t). Untuk rata-rata hasil belajar kelas
kontrol adalah 53,4 dan kelas eksperimen adalah 83,4 dengan perolehan nilai thitung
= -41,9. Nilai t-hitung berada di daerah kritis yaitu tolak H0 dengan daerah kritis
terletak pada t < - 2,021 dan t > 2,021. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa ada
perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan
bahan ajar inovatif dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan bahan ajar
inovatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 219 |
Keywords: | BSNP, Kontekstual, Bahan Ajar, Modul |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 09:18 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 07:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26862 |