INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PENGAJARAN SISTEM KOLIGATIF LARUTAN

Sihombing, Yusuf david (2017) INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PENGAJARAN SISTEM KOLIGATIF LARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133131064 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133131064 COVER.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133131064 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133131064 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133131064 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133131064 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133131064 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133131064 PREFACE.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133131064 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133131064 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133131064 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133131064 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133131064 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133131064 TABLES.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133131064 APPENDIX.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133131064 APPENDIX.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133131064 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133131064 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133131064 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133131064 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133131064 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133131064 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu bahan ajar inovatif berupa
modul kontekstual yang memenuhi standar kelayakan BSNP serta untuk
mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan bahan ajar
inovatif dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan bahan ajar inovatif. Populasi
siswa dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA di SMA Swasta Bayu
Pertiwi yang berjumlah 3 kelas dengan total jumlah siswa 81 siswa. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik random sampling sederhana yaitu dengan
melakukan undian. Siswa pada kelas kontrol berjumlah 26 orang dan pada kelas
eksperimen berjumlah 28 orang. Namun sampel yang digunakan hanya berjumlah
25 orang dari masing-masing kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014 BSNP Yang Telah
Dimodifikasi (Kuesioner) yang digunakan untuk menguji kelayakan bahan ajar
serta tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Dalam pengujian bahan
ajar inovatif didapatkan rata-rata nilai 3,61 dari skala 1-4 untuk kelayakan isi, 3,70
untuk kelayakan bahasa, 3,59 untuk kelayakan penyajian dan 3,69 untuk kelayakan
kegrafikan, sehingga rata-rata umumnya adalah 3,65 dan masuk kedalam kriteria
“baik sekali”. Sebagai prasyarat uji hipotesis, data hasil belajar kedua kelompok
sampel diuji normalitas dan homogenitasnya dan diperoleh data kedua kelompok
sampel yang berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan
menggunakan independent sample t-test (uji-t). Untuk rata-rata hasil belajar kelas
kontrol adalah 53,4 dan kelas eksperimen adalah 83,4 dengan perolehan nilai thitung
= -41,9. Nilai t-hitung berada di daerah kritis yaitu tolak H0 dengan daerah kritis
terletak pada t < - 2,021 dan t > 2,021. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa ada
perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan
bahan ajar inovatif dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan bahan ajar
inovatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 KIM 219
Keywords: BSNP, Kontekstual, Bahan Ajar, Modul
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 Oct 2017 09:18
Last Modified: 30 Oct 2017 07:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26862

Actions (login required)

View Item
View Item