Pardosi, Yohana Maretta (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133331029 COVER.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
2. NIM 4133331029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
3. NIM 4133331029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
4. NIM 4133331029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
5. NIM 4133331029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
7. NIM 4133331029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
8. NIM 4133331029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
9. NIM 4133331029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
13. NIM 4133331029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
15. NIM 4133331029 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri dan kemampuan berpikir matematis terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan, juga interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir matematis. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI IPA SMA N 20 Medan T.A.2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 20 Medan yang terdiri dari 3 kelas. Sampel ditetapkan dengan purposive sampling yakni mengambil 2 kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah jenis eksperimen dengan rancangan anava faktorial 2 x 2. Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh tes hasil belajar yang menggunakan instumen yang valid sebanyak 40 soal dan reliabel (0,92) dan data untuk kemampuan berpikir matematis siswa diperoleh melalui test kemampuan berpikir matematis dengan menggunakan instrumen yang telah valid. Teknik analisa data menggunakan analisis varian dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan nilai F hitung > F tabel yaitu 4,086 > 3,99, terdapat pengaruh kemampuan berpikir matematis tinggi dan kemampuan berpikir matematis rendah terhadap hasil belajar kimia pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan nilai hiung Fhitung > Ftabel yaitu 39,183 > 3,99, dan terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir matematis terhadap hasil belajar kimia pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan nilai Fhitung > F tabel yaitu 21,071 > 3,99.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 226 |
Keywords: | ANAVA 2x2 , Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Matematis, Model Direct Instruction, Model Pembelajaran Inkuiri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 09:15 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26855 |