Tampubolon, Delima Rahayu (2017) PENGARUH MEDIA E-LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN HUKUM DASAR KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133331018 COVER.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
2. NIM 4133331018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
3. NIM 4133331018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
4. NIM 4133331018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5. NIM 4133331018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM 4133331018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM 4133331018 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM 4133331018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
9. NIM 4133331018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. NIM 4133331018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM 4133331018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media e-learning dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) memberikan pengaruh lebih tinggi terhadap hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan hukum dasar kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh sekolah SMAN di Medan. Sampel untuk kelas kontrol di ambil dengan menggunakan teknik penentuan sampel secara acak (random sampling) dan untuk kelas eksperimen digunakan teknik purposive sampling atau penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu karena sekolah untuk eksperimen harus sudah menerapkan e-learning dalam proses pembelajaran. Dalam penentuan sekolah yang diteliti terlebih dahulu diberikan angket penggunaan media e-learning dalam proses pembelajaran di tiap sekolah untuk menentukan sekolah yang akan dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dan diperoleh hasil SMAN 1 Lubuk Pakam sebagai kelas eksperimen dengan persentase 81,2% penggunaan media e-learning dan SMAN 1 Sunggal sebagai kelas kontrol dengan persentase penggunaan media e-learning sebesar 43,54% . Kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan media e-learning dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) dan kelas kontrol diajarkan tdengan tidak menggunakan media e-learning dengan model pembelajaran problem based learning (PBL). Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t-pihak kanan diperoleh harga thitung ˃ ttabel yaitu 12,64 ˃ 1,67 dengan taraf signifikasi 5% ( = 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa media e-learning dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) memberikan pengaruh lebih tinggi terhadap hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan hukum dasar kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 233 |
Keywords: | E-learning;PBL;Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 09:13 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26848 |