Ihwan (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL DILENGKAPI MEDIA LKIS DAN MEDIA HAND OUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4132131011 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
2. NIM 4132131011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4. NIM 4132131011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
3. NIM 4132131011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
5. NIM 4132131011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
6. NIM 4132131011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
7. NIM 4132131011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
8. NIM 4132131011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
9. NIM 4132131011 BAB I.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
13. NIM 4132131011 BAB V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
14. NIM 4132131011 DAFTAR PUSTAKAI.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penerapan Model Pem
belajar-an Contextual Teaching And Learning (CTL) Dilengkapi Lembar Kerja
Siswa (LKS) dan Handout (Ho) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa
pada Materi Koloid kelas XI SMA. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI
MAN Lubuk Pakam yang berjumlah 5 kelas. Sampel penelitian adalah dua kelas
yang diambil dengan teknik acak (random sampling) yaitu kelas eksperimen yang
dibelajarkan dengan model CTL dilengkapi LKS praktikum dan kelas kontrol
dibelajarkan dengan model ctl dilengkapi media Handout. Instrumen penelitian
adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal yang sudah
diuji validitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitas. Data yang diperoleh
dengan analisis uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung > ttabel
(23,08 > 1,667), berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu penerapan model CTL
dilengkapi media LKS terintegrasi praktikum berpengaruh terhadap peningkatan
hasil belajar siswa pada materi Koloid. Rata-rata gain hasil belajar kelas
eksperimen 83,6% ± 0,076 dan kelas kontrol 38,9% ± 0,081.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 244 |
Keywords: | INKUIRI,PRAKTIKUM,HASIL BELAJAR,KOLOID |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 09:10 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 02:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26837 |