Rajagukguk, Nurbaya (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA ANIMASI DAN MOTIVASI TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156176018 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 8156176018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
3. NIM. 8156176018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM. 8156176018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
5. NIM. 8156176018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
6. NIM 8156176018 TABLE.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM 8156176018 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 8156176018 APENDICS.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
9. NIM 8156176018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
13. NIM 8156176018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
14. NIM. 8156176018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengetahuan konseptual siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan media animasi lebih baik daripada pengetahuan konseptual siswa dengan pembelajaran konvensional; untuk mengetahui apakah pengetahuan konseptual siswa pada kelompok motivasi tinggi lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa motivasi rendah; untuk mengetahui apakah ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan media animasi dan motivasi dalam meningkatkan pengetahuan konseptual siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan two group pretest-posttest design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Pakam TP. 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini diambil secara class random sampling, yaitu sebanyak 2 kelas berjumlah 64 orang. Kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan media animasi terdiri atas 32 siswa, kelas VIII-B sebagai kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran konvensional terdiri atas 32 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda terdiri dari 18 soal dan motivasi dalam bentuk angket terdiri dari 20 item serta telah dinyatakan valid dan reliabilitas. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 maka Ha diterima, artinya bahwa pengetahuan konseptual siswa yang diajarkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan media animasi lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Pengetahuan konseptual siswa pada kelompok motivasi tinggi lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa motivasi rendah. Terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan media animasi dan pembelajaran konvensional dengan motivasi dalam meningkatkan pengetahuan konseptual siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Raj p |
Keywords: | Group investigation; Animasi; Motivasi; Pengetahuan konseptual |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 14:19 |
Last Modified: | 23 Oct 2017 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26805 |