Putra, Wiene Surya (2017) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 2D UNTUK PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR NEGERI NO.024183 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156182044 COVER.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
2. NIM. 8156182044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
3. NIM. 8156182044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. NIM. 8156182044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. NIM. 8156182044 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. NIM. 8156182044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 8156182044 TABLES.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
8. NIM. 8156182044 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 8156182044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
13. NIM. 8156182044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
14. NIM. 8156182044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) membuat pengembangan media video animasi 2D pembelajaran IPS pokok bahasan Keterampilan Sosial di SDN No.021843 Binjai dengan menggunakan media video animasi 2D pembelajaran yang layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran sebagai sumber belajar, (2) mengetahui respon siswa tentang media video animasi 2D pembelajaran IPS pokok bahasan Keterampilan Sosial di SDN No.021843Binjai sebagai media pembelajaran sebagai sumber belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan R & D model pengembangan produkpembelajaran ini merupakan model yang disusun secara sistematis yang disesuaikan dengan karakteristik pembelajaran dan peserta didik. Pengembangan ini dikumpulkan dengan angket dan lembat expert judgement. Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji ahli materi pada mata pelajaran IPS berada pada kualifikasi sangat baik (93,3%), (2) uji ahli media pembelajaran pada kualifikasi sangat baik (96,6%), (3) uji ahli desain pembelajaran kualifikasi sanga tbaik (95,5%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (95,41%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik(91,39%), (6) uji coba lapangan berada pada diskualifikasi sangat baik (93,33%). Produk akhir dari pengembangan ini berupa CD video pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di kelasIV SDN No.021843 Binjai Tahun Ajaran 2016-2017 semester genap berjumlah 30 orang siswa. Dengan demikian media video animasi pembelajaran yang dikembangkan ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Put p |
Keywords: | Penelitian pengembangan; Media video; Animasi pembelajaran; Keterampilan sosial |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 09:31 |
Last Modified: | 26 Oct 2017 01:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26777 |