Lubis, Jumaita Nopriani (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMA NEGERI 8 PANDANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156172064 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. NIM. 8156172064 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
3. NIM. 8156172064 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 8156172064 PREFACE.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. NIM. 8156172064 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 8156172064 TABLES.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7. NIM. 8156172064 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8156172064 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
12. NIM. 8156172064 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
13. NIM. 8156172064 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Apakah kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. (2) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dan KAM terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa. (3) Bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa setelah memperoleh pembelajaran berbasis masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 8 Padangsidimpuan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dengan mengambil dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) sebanyak 56 orang. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan pemecahan masalah matematis, (2) angket kemandirian belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis uji T dan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. (2) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa. (3) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah adalah sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Lub p |
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan pemecahan masalah matematis; Kemandirian belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 09:30 |
Last Modified: | 23 Oct 2017 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26774 |