Tarigan, Erika Ninta (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TIGABINANGA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM.7133342044_COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
2 NIM.7133342044_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
4 NIM.7133342044_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
3 NIM.7133342044_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5 NIM.7133342044_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6 NIM.713342044_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
7 NIM.7133342044_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8 NIM_7133342044_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9 NIM.7133342044_BAB I.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
13 NIM.7133342044_BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14 NIM.7I33342044_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa
kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tigabinanga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran active
learning lebih tinggi daripada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan
menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPS di SMA
Negeri 1 Tigabinanga Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tigabinanga yang berlokasi di
Jalan Kotacane Tigabinanga pada tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah populasi
140 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling
yang di peroleh dari rumus slovin, sehingga diperoleh jumlah sample yang terdiri dari
kelas eksperimen 31 siswa dan kelas kontrol 31 siswa. Instrumen yang digunakan
untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 soal yang
masing-masing terdiri dari 5 opsi yang dikutip penulis dari buku pelajaran ekonomi
kelas XI yang telah berstandard nasional sehingga validitas dan realibilitasnya telah
teruji. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai mean
dan standar deviasi.
Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata - rata tes hasil belajar siswa kelas
eksperimen 85,65 dengan standar deviasi 7,16 dan nilai rata - rata tes hasil belajar
siswa kelas kontrol 77,74 dengan standar deviasi 7,51. Hasil pengujian hipotesis
menunjukkan bahwa thitung = 4,25 dan harga ttabel = 1,671 yang berarti mempengaruhi
hasil belajar siswa menjadi lebih tinggi secara signifikam. Jadi, dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran active learning berpengaruh lebih tinggi secara signifikan
terhadap hasil belajar akuntansi siswa pada materi bukti transaksi dan jurnal umum di
perusahaan jasadi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tigabinanga pada Tahun Ajaran
2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 140 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING, METODE KONVENSIONAL, HASIL BELAJAR AKUNTANSI |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 10:44 |
Last Modified: | 28 Oct 2017 06:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26760 |